Site and learn your application

Sabtu, 20 Februari 2016

Exynos 7 Octa 7870, Prosesor Berkualitas Untuk Smartphone Murah

Indo Amaterasu
Exynos adalah prosesor asli buatan Samsung, dengan prosesor ini membuktikan tidak ingin tergantung pada pembuat prosesor seperi Qualcome dan Intel. Prosesor Exynos terbukti tangguh dengan perfoma tinggi yang dipasang pada smartphone kelas atas seperti seri Galaxy S.

Samsung kembali meluncurkan prosesor Exynos Octa Core dengan fabrikasi 14 nm dengan kode Exynos 7 Octa 7870. Prosesor ini dibuat untuk smartphone menengah ke bawah (murah). Meskipun begitu ketangguhan prosesor ini tetap bisa diandalkan.

Exynos 7 Octa 7870, Prosesor Berkualitas Untuk Smartphone Murah

Langkah ini terhitung progresif. Pasalnya, chipset berukuran 14nm biasanya eksklusif bagi smartphone mewah alias high-end. Sementara untuk perangkat mid-range, chipset dengan fabrikasi 20nm atau 28nm sudah dianggap cukup. Menurut Samsung, pada dasarnya kemampuan Exynos 7 Octa 7870 serupa dengan chipset berteknologi pemrosesan 28nm.

Hanya saja, ukuran chipset 14nm yang lebih tipis membuatnya lebih efisien daya hingga 30 persen. Dengan begitu, smartphone pun bisa menyala lebih lama.  Secara umum, Exynos 7 Octa 7870 memiliki delapan inti prosesor dengan kecepatan seimbang 1,6 GHz. Kemampuan modem LTE-nya bisa menangani kecepatan unduh hingga 300 Mbps.

Exynos Octa Core Fabrikasi 14 nm

Prosesor anyar tersebut mendukung resolusi layar Full HD, kualitas gambar 16 megapiksel, dan resolusi video 1080p. Meski terkesan tangguh, Samsung tak berniat memasang prosesor barunya pada smartphone kelas atas. Strategi ini seakan berkiblat pada Qualcomm. Beberapa saat sebelumnya, Qualcomm meluncurkan Snapdragon 625 yang juga merupakan prosesor berfabrikasi 14nm khusus bagi smartphone murah.

Belum jelas kapan tanggal pasti kedua prosesor kelas menengah ke bawah dengan fabrikasi 14nm tersebut hadir di pasar. Bagi Exynos 7 Octa 7870, disinyalir Samsung bakal mulai memproduksinya pada kuartal pertama tahun ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish