Site and learn your application

Rabu, 24 Februari 2016

ISP Tercepat di Trenggalek, Jawa Timur

Internet Service Provider atau yang disingkat adalah ISP adalah penyedia jaringan internet. Di Trenggalek sendiri ISP ada 3 macam yaitu jaringan GSM, CDMA, dan Telkom Indihome. Jaringan yang luas penggunaannya dipegang operator GSM seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Sedangkan CDMA yang menjangkau daerah perkotaan saja atau jalur provinsi yang dilewati bus, ketika masuk ke kecamatan hilang sinyalnya. Operator GSM yang ada di Trenggalek cuma Smartfren lho, jadi misalnya Anda datang dari luar kota ini jangan kaget hehe.

Untuk jaringan kabel yang ada hanya Telkom Indihome. Itupun masih ada yang memakai kawat tembaga sebagai media transfer data, sedangkan yang suport fiber optik hanya di daerah perkotaan saja. Perbedaan kecepatan bagi yang memakai tembaga dan serat optik bisa 5x lipat. Mentang-mentang nggak ada saingannya tarif Indihome di Trenggalek cukup mahal dibandingkan daerah lain.

Baca: Harga Paket Indihome/ Speedy Trenggalek

Kendala jaringan membuat para blogger seperti Saya tidak putus asa, sehingga memutuskan mencari ISP yang cepat dan murah. Admin indoamaterasu.com juga memakai jaringan Indihome tapi yang tembaga lho, kendalanya koneksi tidak setabil sering down. Apa lagi digunakan untuk upload file/ video lemotnya minta ampun. Mau download filem juga berjam-jam.

Demi mejaga eksistensi ngeblog, Saya memerlukan backup jaringan. Artinya bila Telkom Indihome leagi lelet masih ada jaringan lain sebagai pengganti. Akhirnya mencoba Telkom Simpati dengan perdana Simpati Loop dengan paket Rp. 100.000 dapat 16 GB. Bisa dibilang semua paket Simpati dengan kuota besar disebut paket hantu. Kenapa paket hantu, karena bisa digunakan jam 00.00 malan sampai 09.00 pagi hari. Sebenarnya bisa juga digunakan pada siang hari, namun kuotanya sedikit lho.

Baca: Daftar Paket Internet Murah Simpati Loop Terbaru

Diluar dugaan ketika menjajal Telkomsel Simpati sebagai modem kecepatannya luar biasa. Padahal Trenggalek belum suport 4LTE, namun menggunakan jaringan HDSPA sangat cepat. Hems, tidak percaya? berikut ini screen dari www.speedtest.net, dan download IDM.

Kecepatan Internet Telkomsel
Kecepatan Internet Telkomsel

Kecepatan Internet Telkomsel (mini)
Kecepatan Internet Telkomsel (mini)

Kecepatan download IDM mecapai 1.345 mb/ sec
Kecepatan download IDM mecapai 1.345 mb/ sec

Bila meliha screen di atas, lumayan cepat untuk ngeblog, upload video youtube, dan download filem. Internet Telkomsel uploadnya mencapai 3.84 mb/ sec sedangkan download 11.08 mb/ sec. Ketika dijajal download menggunakan IDM, transfer rate mencapai 1.345 mb/ s.

1 komentar:

  1. dimagetan indihome malah belum merata gan,saya aja pake xl nih

    BalasHapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish