Site and learn your application

Sabtu, 20 Februari 2016

Mengenal Teknologi VoLTE, Penerapan, dan Keunggulannya

Setelah  muncul teknologi LTE baru-baru ini ada lagi yang namanya teknologi VoLTE. Lalu apakah keduanya ada kaitannya atau berdiri sendiri? untuk menjawabnya mari kita bahas teknologi VoLTE.
Teknologi VoLTE adalah kepanjangan dari Voice over LTE yang merupakan layanan suara (voice) yang berbasis data dengan mengandalkan teknologi Long Term Evolution (LTE). Lalu apa bedanya dengan layanan VoLTE dengan layanan suara lainnya. Secara umum layanan VoLTE ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan layanan suara via teknologi 2G/ 3G.

Mengenal Teknologi VoLTE, Penerapan, dan Keunggulannya

Yang membedakan hanya suara yang dihasilkan yaitu suara dari layanan VoLTE yang dipastikan akan berkualitas lebih baik dan jernih. VoLTE merupakan aspek lain dari teknologi 4G LTE, yang artinya adalah komunikasi voice atau suara biasa dilakukan melalui jaringan LTE. Manfaat dari teknologi ini adalah suara yang dihasilkan akan jauh lebih jernih karena tidak ada kompresi lagi secara signifikan.
Teknologi VoLTE cara sampling-nya berbeda, bisa dibilang tidak ada kompres karena kapasitasnya lebih besar (memakai jaringan LTE). Jadi kualitas suaranya juga jauh lebih baik.

Penerapan Teknologi VoLTE pada Operator Jaringan
Pengguna smartphone 4G LTE bisa menelepon ke sesama pengguna smartphone 4G lainnya. Namun jaringan yang dipilih harus LTE Only. Namun jika pengguna GSM/CDMA menelepon ke ponsel VoLTE atau sebaliknya memang kemungkinan bisa, tapi suaranya tidak akan sejernih VoLTE kepada jaringan lainnya. Hal itu bergantung pada jaringan GSM/CDMA. Tak hanya itu saja, pengguna GSM atau CDMA yang menelepon ke ponsel VoLTE tidak bisa menikmati layanan video call juga. Layanan VoLTE juga memungkinkan pengguna melakukan video call.

Penerapan Teknologi VoLTE pada Operator Jaringan

Di Indonesia sendiri yang pertama kali menggunakan teknologi VoLTE adalah PT. Smartfren Telecom (Smartfren). Untuk operator lain belum ada yang menggunakan VoLTE, sehingga sebuah bisnis bagus buat Smartfren untuk menarik hati pelanggannya.

4 Keunggulan teknologi VoLTE:

1. Pengguna akan merasa suara yang jernih dan dekat VoLTE menawarkan panggilan suara HD
Batas pendengaran manusia 20-20.000 Hz, sedangkan batas output tradisional 30-30.000 Hz sementara VoLTE 50-70.000 Hz. Sehingga suara yang didengar benar-benar clear.
2. Mengurangi suara latar belakang
Saat digunakan di tempat yang ramai, pengguna tidak perlu teriak-teriak. Hal ini terjadi karena VoLTE memiliki teknologi khusus untuk menyaring kebisingan. Jaringan VoLTE akan direntan voice reduce, jadi kalau ada suara bukan manusia akan dihilangkan.
3. Penggunaan telepon dan data dapat dilakukan bersamaan
Koneksi data semua tetap running bersamaan. Saat download misalnya, mengunduh data di VoLTE tidak akan putus.
4. Call setup yang cepat
Jika dibandingkan dengan layanan panggilan suara tradisional, VoLTE jauh lebih cepat tersambung. Sebagai perbandingannya, butuh waktu 0,8 detik bagi panggilan suara tradisional untuk tersambung, sedangkan VoLTE hanya membutuhkan waktu 0,2 detik.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish