Site and learn your application

Jumat, 13 Mei 2016

13 Fitur Android N Yang Paling Canggih Dalam Sejarah

Indo Amaterasu
Google telah mengenalkan penerus Android M (Marshmallow) yaitu Android 7.0 N Delevoper. Google mengatakan Android N dilengkapi beberapa fitur paling saat ini dan sepanjang sejarah dunia smartphone. Sebenarnya ini merupakan update artikel sebelumnya yaitu "Inilah Fitur Android N, Penerus Marshmallow", namu lebih lengkap.

Pememberian nama kode makanan pada Android N masih menjadi teka-teki publik, ada yang mengatakan Android N diberi nama Nutela. Apa itu Nutela? adalah coklat kacang. Mungkin nantinya ibaratnya Android N seenak coklat kacang hehe.

Baca: Apakah Android 7.0 N Dinamai Nutella??

Baiklah berikut ini 13 fitur Android N yang palingg canggih dalam sejarah:

1. Multi Windows
Fitur ini bisa dibilang fitur terbaik di Android N. Singkatnya, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus secara 'berdampingan' pada satu layar.

Fitur ini mirip Multi Windows pada iOS 9, namun lebih fleksibel karena pengguna bisa mengatur lebar jendela aplikasi yang diinginkan. Jadi, satu jendela aplikasi bisa kecil, sementara satunya lebih besar.

2. Notifikasi Cerdas
Android N memungkinkan notifikasi yang masuk disertai foto dari si pengirim. Pengguna juga dapat mengkategorikan notifikasi berdasarkan topik, mendesain ulang tampilan notifikasi, bahkan membalas pesan dari notifikasi itu langsung tanpa membuka aplikasi utama!

3. Quick Setting
Seperti namanya, jendela Quick Setting yang diakses dengan menarik ke bawah layar bagian atas kini bisa dengan mudah dimodifikasi. Anda bisa menambahkan jalan pintas ke hanya dengan 'drag and drop'. Google juga memberikan keleluasaan pada developer atau produsen smartphone untuk mengubah opsi pengaturan apa saja yang bisa tampil di menu Quick Setting, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

4. Data Saver
Bisa dikatakan bila fitur satu ini terinspirasi dari iOS dan Windows 10. Data saver mampu menghemat pemakaian data dari aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pemakaian data aplikasi yang sedang berjalan pun bisa dihemat. Karena fitur ini cukup rakus mengonsumsi baterai, pengguna bisa menonaktifkannya.

5. Bahasa Lokal dan Android TV
Android N tampil semakin cerdas dan 'pengertian' karena bisa langsung menyesuaikan diri dengan bahasa lokal tempat pengguna berada. Selain itu, Android N juga memungkinkan pengguna untuk merekam secara langsung konten-konten dari Android TV.

6. Pengaturan Layar Komplit
Android N juga membawa kemudahan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Terdapat fitur untuk mengganti komposisi warna dan perbesaran layar. Lebih lanjut, Android N mempunyai pengaturan sensor input gerakan (gesture), font, ukuran layar, dan talkback (operasi smartphone via suara).

Terdapat pula mode malam yang membuat layar lebih gelap dan ramah di mata. Mode ini akan membuat sinar layar turun, termasuk tingkat cahaya biru yang dikenal mengganggu pola tidur.

7. Penyaringan Panggilan Masuk
Bagi Anda yang tidak mau daftar panggilan mudah diketahui orang lain, Android N dapat membuat panggilan masuk tidak masuk daftar panggilan (call log). Ada pula fitur fungsional lain seperti penolakan panggilan masuk tertentu dan penghapusan notifikasi untuk panggilan masuk.

8. Blokir Panggilan
Setiap nomor yang Anda blokir tidak akan bisa menelepon dan mengirimi Anda pesan. Fitur blokir nomor juga bisa dibagikan dibanyak perangkat termasuk beberapa aplikasi sekaligus. Ini tentu berguna untuk aplikasi yang menggunakan nomor seluar sebagai penghubung utama, misalnya WhatsApp.

9. Keamanan Jaringan Lebih
Android N memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengubah siste keamanan pada jaringan koneksi tanpa perlu memasukkan kode tambahan. Fitur ini sangat berguna untuk developer karena mereka tidak lagi harus bersusah payah untuk mengatur sistem keamanan aplikasi.

10. Lebih Hemat Baterai
Ingat fitur 'Doze' di Android Marshmallow? Ya, fitur yang memungkinkan smartphone mematikan semua aplikasi di latar belakang saat layar mati ini kini lebih cerdas. Pengguna masih akan menerima notifikasi atau suara alarm meski Doze aktif. Alhasil, baterai tetap hemat namun pengguna tidak ketinggalan notifikasi penting.

Google juga mengurangi kebutuhan memori pemrosesan data lewat efisiensi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hasilnya, Android N lebih ramah di banyak perangkat dengan memori kecil.

11. Mode Multi-Window
Mode Multi Window yang pada sebuah smartphone diperkenalkan oleh Samsung nantinya menjadi sebuah feature standar pada Android 7.0. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh tim Pixel C pada Reddit Ask Me Anything. Walaupun pada Marshmallow pengguna dapat mengaktifkan mode ini, tetapi hanya beberapa pengguna mahir saja yang mampu melakukannya. Nantinya mode Multi-Window ini juga akan dipoles lebih baik lagi.

12. Dukungan Tablet Lebih Baik
Salah satu anggota Pixel C bernama Glen Murphy mengatakan bahwa mereka sedang bekerja keras untuk menambahkan peningkatan-peningkatan yang ada pada form faktor tablet. Sayangnya, Glen tidak menjabarkan lebih lanjut feature baru apa saja yang bakal ada pada Android 7.0 tablet. Akan tetapi bisa saja feature seperti multitasking yang lebih fungsional, notifikasi push yang lebih teroptimalisasi untuk tablet, dan lain sebagainya.

13. Pindah dari Java ke OpenJDK
Android 7.0 nantinya tidak akan menggunakan Java yang saat ini dimiliki oleh Oracle. Sebagai gantinya, Google akan secara resmi menggunakan OpenJDK sebagai solusi mudah dari permasalahan lisensi yang dimiliki Oracle ini. Google juga akan berkontribusi besar dalam mengembangkan OpenJDK di masa depan sebagai imbas penggunaan API open ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish