Site and learn your application

Sabtu, 19 Maret 2016

8 Tips Merawat Layar Smartphone Supaya Awet

Indo Amaterasu
Saat ini, smartphone dan tablet telah banyak menggunakan layar sentuh dengan bahan material seperti Corning Gorilla Glass yang lebih tangguh. Selain lebih tahan dalam berbagai kondisi, anti gores, dan lebih kuat, bukan berarti sebagai pengguna bisa seenaknya saja memperlakukan layar tersebut. Penggunaan yang sembarangan serta perilaku pengguna yang tidak hati-hati bisa jadi membuat kualitas layar sentuh menjadi menurun dan yang lebih fatal akan membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Dengan merawat dan memperlakukan layar sentuh dengan semestinya, akan membuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu indoamaterasu berikan 8 Tips Layar Sentuh/ LCD/ LED Supaya tetap awet:

1. Gunakan Sesuai Petunjuk
Selalu gunakan jari saat mengoperasikan pada layar sentuh. Jika smartphone membutuhkan stylus untuk mengoperasikannya, gunakan perangkat bawaan dan jangan menggunakan alat lain. Beberapa perangkat mendukung alat yang berbeda dalam mengoperasikan layar sentuh. Contohnya Sony Xperia Z Ultra mendukung penggunaan pensil pada layar, namun jangan sekali-kali menerapkan hal ini pada perangkat lain karena masing-masing perangkat memiliki dukungan yang berbeda.

2. Kenali Kelemahannya
Hindari layar sentuh dari kontak secara langsung dengan perangkat yang mengandung listrik. Beberapa berpendapat bahwa alat yang mengandung magnet juga bisa merusak smartphone atau tablet. Pernyataan tersebut tidak seratus persen benar, karena magnet hanya akan merusak sensor magnetic yang terdapat pada perangkat yang mana biasa digunakan pada aplikasi untuk menunjukkan arah seperti kompas.

3. Hindari Sengatan Listrik
Terjadinya arus pendek atau sengatan listrik akibat berdekatan dengan aliran listrik atau sejenisnya bisa menyebabkan kerusakan pada layar sentuh sehingga menjadi tidak berfungsi. Hindari meletakkan smartphone atau tablet di tempat yang mengandung arus listrik cukup besar.

4. Jangan Perlakukan Dengan Kasar
Jangan tekan layar dengan benda tajam atau mengetuknya terlalu keras. Biasanya hal ini kerap terjadi saat smartphone atau tablet mengalami lag dan Anda tidak sabar saat menekan layar. Begitu pula jika terlalu bersemangat saat memainkan Candy Crush yang secara tidak sadar akan menekan layar terlalu keras berkali-kali.

5. Jangan Biarkan Menyala Terus
Fungsi screen timeout sangat berpengaruh dalam menjaga agar layar sentuh lebih awet dan tahan lama. Jika membiarkan layar menyala terus menerus saat tidak digunakan, hal ini bisa mengakibatkan beberapa permasalahan seperti layar menjadi kecoklatan akibat efek terlalu panas, tampilnya efek ghosting, atau gangguan lainnya pada layar sentuh. Cara termudah untuk menghindari hal tersebut adalah dengan mengaktifkan fungsi screen timeout.

6. Gunakan Pelindung
Untuk melindungi layar dari resiko tergores, gunakan screen protector, tas, hard case, atau sejenisnya pada smartphone atau tablet. Meski hal ini membutuhkan biaya tambahan, namun masih lebih baik dibanding layar sentuh mengalami kerusakan yang pastinya akan menambah biaya yang lebih besar.

7. Hindari Matahari Langsung
Jangan biarkan layar smartphone atau tablet terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama. Menaruh perangkat tersebut di dalam mobil yang terparkir di luar ruangan di siang hari bukan merupakan hal yang baik guna menjaga ‘kesehatan’ layar.

8. Bersihkan Dengan Kain Khusus
Saat membersihkan layar, gunakan kain berbahan microfiber atau pembersih yang memang diperuntukkan untuk layar sentuh. Jika menggunakan kain lain, usahakan memiliki bahan yang lembut. Bersihkan secara perlahan dengan melakukan pergerakan searah. Jika menggunakan cairan khusus atau air, usahakan untuk membersihkan layar saat perangkat dalam keadaan mati.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish