Site and learn your application

Selasa, 29 Maret 2016

Cara Membuat Baterai Laptop dan Smartphoe Awet Dengan Daya Penyimpanan Tahan Lama

Indo Amaterasu
Baterai laptop dan smartphone adalah komponen yang cepat aus dan rusak diantara komponen lainnya. Masa baterai juga ada umurnya, tiap tahun kapasitas penyimpanan baterai akan turun. Meskipun begitu kita tetap bisa merawat baterai laptop dan smartphone awet.

Bila Anda ingin menghindari baterai laptop atau gadget agar baterai tersebut tidak cepat rusak dan memiliki umur yang lebih panjang, Anda bisa mencegah beberapa penyebab kerusakan pada baterai. Umumnya, sebagai pengguna gadget atau produk teknologi, kita jarang mempedulikan masalah baterai.

# Penyebab baterai laptop dan smartphone cepat rusak/ aus:

1. Penggunaan yang berlebih
Menggunakan laptop atau gadget sevara berlebih, apalagi digunakan untuk bermain game dan internet, hal ini bisa menimbulkan baterai cepat habis. Penggunaan laptop berlebih terutama untuk bermain game atau menggunakan aplikasi berat, hal ini sangat tidak baik untuk baterai laptop.

2. Hindari laptop mati karena kehabisan baterai
Sekalipun laptop dimatikan, namun hindari laptop dimatikan dalam keadaan kosong atau baterai habis.

3. Hindari menyalakan laptop saat di charge
Kadang kita menyalakan laptop dalam kondisi di charge, hal ini sebenarnya bisa membuat baterai laptop cepat drop. Demikian juga dengan gadget, mencharger gadget atau laptop dalam kondisi menyala atau dipakai bisa menyebabkan baterai menjadi cepat habis dan rusak.

4. Mencharger laptop atau gadget terlalu lama
Baterai laptop maupun gadget mudah rusak atau drop bisa dikarenakan terlalu lama saat menchargernya.

# Bagaimana solusi yang tepat agar baterai laptop atau gadget awet?
Sebenarnya, sekalipun umur laptop atau gadget kita sudah bertahun-tahun, namun jika kita rajin merawat semua komponennya, pastilah laptop atau gadget bisa berumur panjang. Dan salah satu bagian dari laptop atau gadget yang harus kita rawat adalah baterai.

# Membuat baterai Laptop dan Smartphoe awet:

1. Matikan laptop dan gadget saat dicharger
Untuk memperpanjang umur baterai, pastikan saat mencharger laptop dan gadget Anda mematikan kedua produk teknologi tersebut. Jika Anda buru-buru ingin menyelesaikan pekerjaan, Anda bisa menggunakan laptop lain atau komputer lainnya.

2. Matikan laptop/ gadget dalam kondisi baterai tidak kosong
Karena salah satu penyebab baterai laptop/ gadget berumur pendek adalah mematikannya saat kondisi baterai kosong. Jadi, cara terbaik untuk menyelamatkan umur baterai adalah mematikan laptop dan gadget dengan kondisi baterai terisi penuh atau setengahnya.

3. Gunakan laptop dan gadget secukupnya
Jangan berlebihan dalam menggunakan laptop atau gadget, gunakan seperlunya agar baterai lebih awet dan tidak sering dicharger.

4. Hindari aplikasi terlalu banyak dan berat
Kebaradaan aplikasi pada laptop dan gadget bisa membuat baterai laptop/ gadget cepat habis. Karena itu, hindari menggunakan aplikasi berlebih, apalagi aplikasi yang berat. Semakin berat aplikasinya maka semakin besar daya yang dibutuhkan dan hal ini mempercepat baterai laptop/ gadget habis.

5. Hindari meletakkan laptop di atas benda empuk
Meletakkan laptop dan gadget di atas benda yang empuk seperti bantal, guling, kasur tau sofa, hal ini menyebabkan laptop mudah panas. Sebaiknya, Anda meletakkan laptop dan gadget di meja atau tempat lainnya selain benda empuk di atas.

6. Hindari membeli baterai KW
Baterai Kwatau palsu tentunya memiliki kualitas yang lebih rendak dibandingkan baterai original. Sebaiknya, jika Anda ingin mengganti baterai laptop/ gadget, pilihlah baterai yang original agar berumur panjang.

Mengatur penggunaan daya baterai laptop dan gadget smartphone secara tepat dapat menghemat baterai agar tidak cepat habis, selain itu juga laptop atau gadget akan lebih ringan kinerjanya karena tidak terlalu banyak proses aplikasi yang harus di jalankan.

Baterai laptop dan gadget, seperti halnya inovasi teknologi lainnya, dilengkapi dengan masa waktu dan perkiraan masa pakai. Namun, Anda bisa membantu memperpanjang umur baterai secara signifikan. Demikian tips agar baterai handphone smatrphone atau laptop tahan lebih lama, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish