Site and learn your application

Rabu, 09 Maret 2016

Foto Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Dilihat Dari 3 Kota Besar di Indonesia

Indo Amaterasu
Berikut ini indoamaterasu tampilkan 3 foto gerhana matahari total (GMT) 2019 yang terjadi di 12 Provinsi di Indonesia. Daerah yang mendapatkan kesempatan tersebut adalah  Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sekilas Tentang Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

4 Jenis Gerhana Matahari

1. Gerhana Matahari Total
Gerhana matahari total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

2. Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

3. Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

4. Gerhana Matahari Hibrida
Gerhana Matahari Hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Foto Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Dilihat Dari 3 Kota Besar di Indonesia
Dari beberapa Provinsi tersebut yang ramai dikunjungi wisatawan untuk mengabadikan momen detik-detik terjadinya gerhana matahari total adalah kota Belitung, kota Balikpapan, dan kota Ternate. Berikut ini 3 foto gerhana matahari total 9 Maret 2019 yang berhasil diabadikan netizen.

Foto  gerhana matahari di Balikpapan
 Foto  gerhana matahari di Balikpapan

Foto gerhana matahari di Belitung
Foto gerhana matahari di Belitung

Foto gerhana matahari di Ternate, Maluku
Foto gerhana matahari di Ternate, Maluku

Ramalan Terjadinya Gerhana Matahari di Indonesia
Ramalan soal kapan terjadinya gerhana matahari pertama kali dicatat orang Babilonia sebelum Masehi. Mereka mengamati pergerakan bintang, bulan, dan matahari untuk menemukan keberaturan fenomena alam gerhana matahari.

Astronom asal Austria, Thomas Oppolzer, melanjutkan dengan membuat katalog gerhana matahari dan gerhana bulan sejak 1207 SM hingga 2162. Saat ini temuan-temuan untuk meramal gerhana matahari dan bulan dapat ditemukan pada website NASA dan timeanddate. Pada kedua lembaga itu, bisa diketahui serangkaian gerhana matahari total yang pernah menghampiri Indonesia. Khusus Jakarta baru akan dilewati gerhana matahari total pada 2049.

Berikut Ini Ramalan Terjadinya Gerhana Matahari di Indonesia

18 Mei 1901
Daerah: Padang, Jambi, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Palu, dan Ambon

14 Januari 1926
Daerah: Bengkulu, Palembang, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, dan Pontianak

9 Mei 1929
Daerah: Aceh dan Sumatera Utara.

13 Februari 1934
Daerah: Manado, Maluku Utara

4 Februari 1962
Daerah: Palu, Papua

11 Juni 1983
Daerah: Yogyakarta, Semarang, Solo, Kudus, Madius, Kediri, Surabaya, Makassar, Kendari, dan Papua

22 November 1984
Daerah: Papua

18 Maret 1988
Daerah: Palembang, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Bangka Belitung.
Waktu: 2 menit 19 detik

24 Oktober 1995
Daerah: Sangihe
Waktu: 1 menit 53 detik

9 Maret 2016
Daerah: Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara

20 April 2023
Daerah: Makassar dan Papua

19 April 2042 
Daerah: Jambi

24 November 2049
Daerah: Jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish