Site and learn your application

Kamis, 10 Maret 2016

Keuntungan dan Kerugian Memakai Script Anti Copy Paste

Indo Amaterasu
Script Anti Copy Paste (Copas) adalah script/ kode yang dipasang pada web blog untuk melindungi artikel dari para copaser. Script ini mematikan fungsi select dan klik kanan pada halaman blog. Menariknya lagi script anti copas mematikan fungsi Ctrl+U (Fungsi dari Ctrl+U untuk melihat kode script sebuah website/ blog.

Sebenarnya pengunjung blog boleh menyalin sebagian atau semua dari isi artikel sebagai bahan informasi yang diperlukannya. Bila niatnya untuk dibaca dikemudian hari dengan menyalin artikel ke Mincrosoft Word tidak apa-apa. Namun bila tujuannya untuk laporan penelitian, jurnal, skripsi, wajib mencantumkan URL sumbernya.

Baca: Cara Proteksi Blog Dari Maling Copy Paste

Parahnya lagi bila artikel tersebut menarik untuk dibaca biasanya dibajak blogger tukang copy paste. Masih mendingan bila rewrite, malah ada yang langsung comot kemudian diposting di blognya. Hems... parah bukan?? bukan menghargai karya orang lain malah membajaknya.

Untuk menghindari dan melindungi artikel dari oknum tak bertanggung jawab, admin blog bisa memasang script anti copy paste. Dengan script ini artikel Anda aman nggak bakalan dicuri orang lain. Tetapi ada ruginya juga karena pengunjung menganggap si pemilik blog pelit sehingga tidak mendapatkan returning visitor (kunjungan ulang) oleh pembaca.

Baca: Membuat Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali BlockQuote

Sebenarnya tidak jadi masalah bila visitor blog Anda organik, new visitor. Yang jadi masalah ketika pengunjung membuka blog Anda, kesesokan harinya tidak mau membukanya lagi. Mungkin karena mau mendapatkan artikel nggak bisa, sehingga lebih memilih blog orang lain.

Kerugian lainnya adalah page views menjadi menurun, itu pasti. Pengunjung nggak betah berlama-lama di blog Anda untuk menelusurinya. Karena berfikiran, ngapain Saya buka artikel ini, toh tulisannya nggak bisa disalin. Bila kita amati situs besar seperti kompas, detik, tidak menggunakan script anti copas. Mereka sengaja membiarkannya, dan kalaupun ada yang copas dan diposting lagi pasti di mesin pencari kalah dan nggak keindex.

Baca: Cara Copy Paste Halaman Blog/ Website Yang Dikunci

Tetapi blog yang masih muda dan peringkat Alexanya rendah, visitornya rendah, ketika artikelnya dicopy paste di blog yang trafiknya tinggi, Alexanya ramping, pasti cepet di index mesin pencari. Kalau nggak percaya silahkan dibuktikan hehe.

Ulasan di atas adalah kelebihan dan kekurangan memasang script anti copy paste. Kini keputusan ada ditangan Anda, yaitu memasang script atau tidak memasangnya. Semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish