Site and learn your application

Jumat, 04 Maret 2016

Letak Posisi Iklan AdSense Terbaik Menurut Google

Indo Amaterasu
AdSense adalah program afiliasi milik Google si rajanya mesin pencari. Hingga saat ini AdSense paling banyak diminati blogger karena terbtukti membayar publisher. Setelaj bersusah payah mendapatkan akun AdSense tahap selanjutnya mengoptimalkan letak iklan supaya mendapatkan banyak klik. Blogger banyak yang mengeluh karena jarang mendapatkan klik meskipun trafik pengunjungnya tinggi.

Google sendiri juga melakukan penelitian letak iklan yang strategis mendatangkan banyak klik. Informasi ini indoamaterasu kumpulkan dari berbagai sumber yang cukup dipercaya. Mungkin dengan menerapkan letak posisi iklan yang direkomendasikan Google dapat memperbanyak klik iklan.
Posisi Iklan Google

Berbicara website atau blog tentu apa yang paling banyak di buka orang di seluruh dunia sudah pasti Google, bahkan hampir setiap hari kita mennjumpai Google. Banyaknya pengunjung Google, tentu banyak juga orang yang mengklik iklan yang ada di halaman website Google. Dan kita tahu Google menempatkan iklan pada dua posisi utama, yaitu pada:
1. Dibagian atas hasil pencarian.
2. Dibagian kanan/ sidebar kanan dari hasil pencarian.

Berikut tampilan Google di atas hasil pencarian dan di samping kanan hasil pencarian

Letak posisi iklan Google

Belum lama ini Google mengungkapkan bahwa mereka akan segera menghilangkan iklan yang ada di bagian kanan hasil pencarian, alasannya karena posisi tersebut kurang efektif, seperti yang sempat diberitakan di laman themsempost.com, dimana hanya akan ditampilkan pada bagian atas dan bagian bawah saja. Dan sekarang Google menempatkan 4 buah iklan di bagian atas dan 3 iklan di bagian bawah, jadi total tetap akan ada 7 baris iklam di hasil pencarian google nantinya, namun tidak tersedia bagian kanan.

Berikut pernyatan Google terkait posisi iklan tersebut
“Kami telah menguji tata letak ini untuk waktu yang lama, sehingga beberapa orang mungkin melihatnya pada jumlah yang sangat kecil dari query komersial. Kami akan terus membuat tweak, tapi ini dirancang untuk permintaan komersial dimana tata letak mampu memberikan hasil yang lebih relevan untuk orang-orang yang sedang mencari dan kinerja yang lebih baik bagi pemasang iklan“
Apa artinya itu tersebut untuk publisher
Dengan pernyataan tersebut, berarti iklan yang di tempatkan di bagian kanan kurang efektif, dan lebih efektif jika ditaruh di bagian atas dan bagian bawah. Nah dari pengamatan Google tersebut kita bisa juga jadikan acuan dan pembelajaran, kalau website ramai seperti Google saja menaruh di posisi tersebut karena kurang efektif, maka sebaiknya kita tidak menaruh pada posisi tersebut.

Setiap website/ blog mungkin akan berbeda, untuk memastikan dimana posisi iklan yang paling baik di website Anda, tentunya Anda harus melakukan pengujian, dengan mencoba pindah-pindahkan posisi iklan Anda, dan nanti Anda bisa mendapatkan bagian mana yang sering di klik pengunjung dan bagian mana yang jarang di klik, dari situlah Anda bisa mengambil kesimpulan posisi mana yang paling baik.

4 komentar:

  1. di Indoamaterasu sendiri kok masih di pasang di right sidebar mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rekomendasi yang dipasang di Google. Iya ane pasang di seidebar, kadang ya ditengah postingan artikel

      Hapus
  2. Kalo template kira" mempengaruhi gak ya diterima/ditolak google adsense?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat mempengaruhi mas, gunakan template standar yang telah dimofikasi responsive

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish