Site and learn your application

Senin, 28 Maret 2016

Mengatasi Video Lemot Saat Diputar Dengan Player

Indo Amaterasu
Pernahkan Anda mengalami kejadian tiba-tiba ketika memutar filem atau video klip gambarnya lemot/ patah-patah. Tampilan video tidak sesuai dengan subtitle, dan parahnya lagi tersendat-sendat. Anda sudah mencoba beberapa video player, mulai KMP Player, Media Player Clasic, Gom Player, dsb namun hasilnya sama.

Seteleh video tersebut dicoba diputar di komputer lain hasilnya bagus, gambarnya halus tidak lemot dan tersendat-sendat. Berati ada yang tidak beres dengan komputer Anda, bisa juga softwarenya dan hardwarenya. Kasus seperti ini banyak sekali, bahkan sering masuk ke bengkel karena lemot menjalankan file video.

# Penyebab Video Lemot Saat Diputar

1. Masalah Software
Video dapat dilihat (visual) ada hubungan erat dengan Graphic Card yaitu driver yang menjalankan Video Card. Driver adalah perangkat lunak yang menjalankan hardware, dalam hal ini driver VGA Card. VGA sendiri ada dua yaitu Onboard dan VGA Card.

Bila Anda menggunakan chipset Intel maka harus mengupdate driver Intel HD, sedangkan bila Anda menggunakan AMD harus mengupdatenya di situs resmi AMD. Kemungkinan lemotnya video ketika diputar menggunakan player adanya driver VGA yang hilang akibat virus atau dihapus olen virus. Untuk itu pastikan VGA Card menggunakan driver paling update.

2. Masalah Hardware
Bila Anda sudah mencoba mengupdate driver VGA hasilnya tetap lemot dapat dipastikan masalahnya ada di hardware. Umur prosesor dan RAM yang semakin lama membuat perangkat tersebut aus sehingga mudah cepat panas. Akibatnya ketika menjalankan video player beban memory usage semakin besar sehingga gambar video yang ditampilkan patah-patah.

# Cara Mengatasi Video Lemot Saat Diputar Dengan Player
Setelah paham penyebab video lemot diputar menggunakan player, sebenarnya Anda sudah mendiagnosa dan menemukan solusi cara memperbaikinya. Bila penyebabnya karena driver, cobalah mengupdate driver VGA menggunakan versi terbaru. Tetapi bila penyebabnya karena hardware bisa dengan mengganti hardware atau membersihkannya dari debu. Intinya sirkulasi udara dalam laptop bekerja dengan baik. Bisa juga dengan menambahkan RAM pada laptop, sehingga beban kerja komputer saat menjalankan video menjadi ringan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish