Site and learn your application

Senin, 07 Maret 2016

Mengenal 9 Jenis Website Berdasarkan Fungsi dan Tujuannya

Indo Amaterasu
Banyak orang awam yang mengklasifikasikan website menjadi dua macam yaitu website dan blog. Mereka menganggap blog berbeda dengan website, padahal kenyataanya blog merupakan bagian dari website itu sendiri. Ditinjau berdasarkan fungsi dan tujuannya website dapat dikelompokkan menjadi  macam seperti blog, e-commerce sites, news site, dsb.

Keberadaan website dapat membantu orang lain untuk menemukan profil kita, tulisan kita sendiri, profil sekolah, memperlancar bisnis online, dan masih banyak yang lainnya. Pokonya di era digitalisasi saat ini tidak ada ruginya memiliki website.
Mengenal 9 Jenis Website Berdasarkan Fungsi dan Tujuannya

Baiklah berikut ini 7 jenis Website berdasarkan fungsi dan tujuannya:

1. Blogs
Blog bisa dibilang sebuah wadah online sebagai situs web yang terdiri dari halaman yang memuat berbagai tulisan dalam format teks yang bisa disisipkan gambar dan yang lainnya ditampila dengan aplikasi web berupa sistem manajemen konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan sebagai bentuk format.

2. Brochure Site
Salah satu website yang paling sederhana dan sering dikenal sebagai company profile sites. Biasanya konten website sejenis ini terdiri dari basic content (about us, content form, products and service)

3. E-Commerce Sites
Merupakan salah satu situs atau halaman yang cukup kompleks di mana termasuk di dalamnya ada proses kartu kredit, mail management, product gallery, dan masih banyak lagi.

4. Entertaunment Sites
Website ini biasanya berhubungan dengan berbagai hiburan (entertainment), website promosi, website game online, website film/ bioskop, tentu anda sering menjumpai bukan.

5. News Sites
Website ini jenis ini biasanya memuat sebuah portal berita yang ditangani dan secara rutin diupdate oleh internal team.

6. Education Sites
Sebuah website pendidikan sebagai sarana personalisasi hubungan antara pusat dan komunitas pendidikan (murid/mahasiswa) agar dapat saling berkomunkasi dan menyebarkan informasi berkaitan dengan pendidikan secara luas.

7. Application Sites
Salah satu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet, jenis web ini juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa dan didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScrip, Ajax, Java, dll) dan bergantung pada pejelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.

8. Government Site
Website pemerintahan adalah jenis website yang dimiliki oleh instansi kepemerintahan. Presentase website jenis ini sebesar 2% dari jumlah jenis website yang ada.

9. Forum
Mungkin hanya sebagian orang yang sengaja membuat website untuk dijadikan forum khusus. Buktinya hanya sekitar 1% website yang jenis nya adalah forum tertentu. Forum adalah website yang memungkinkan para member untuk gabung dan menyumbang artikel di website tersebut. Seperti layaknya forum nyata, Anda dapat menanyakan sesuatu dengan membuka threat baru kemudian member lain mengomentarinya. Contoh website forum: kaksus.id, forum.idws.id, ads,id, bersosial.com

Dengan mengetahui 9 jenis website berdasarkan fungsi dan tujuannya kini Anda bisa mengklasifikasikannya sendiri bila membuka website termasuk jenis apa. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish