Site and learn your application

Minggu, 06 Maret 2016

Pengertian Kata Viral Dalam Dunia Teknologi

Indo Amaterasu
Belakangan ini sering disebut kata Viral melalui tayangan televisi dan atau media elektronik lainnya. Saya sendiri selaku admin indoamaterasu tidak tau apa itu Viral, saking penasarannya membuat mecari informasi sana-sini dengan istilah Viral.

Di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tidak ditemukan arti istilah Viral. Malah dengan mengetik Viral yang muncul adalah Virus. Apakah kata Viral merupakan turunan dari bahasa asing yang sering dipakai belakangan ini. Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, Viral adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.
Pengertian Kata Viral Dalam Dunia Teknologi

Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer. Viral memerlukan koneksi jaringan Internet dalam penggunaannya. Bila menengok lagi ke KBBI ada benarnya juga, Viral bisa diartikan Virus dan Virtual (Maya). Jadi kesimpulannya menyebarkan Virus di dunia maya, dalam hal ini bukan Virus komputer melainkan informasi secara meluas dan berkembang seperti ciri dari Virus itu sendiri.

Tidak ada atau minimnya penjelasan KBBI Online dengan istilah baru seperti Viral, seharusnya membuat KBBI lebih tanggap dan mengupdate istilah baru. Meskipun begitu tidak menghentikan rasa penasaran pembaca untuk mengetahui istilah Viral dari berbagai sumber.

Penggunaan Kata Viral
Dengan gampang kita temui misalnya status seseorang di media sosial menyatakan: Dalam berita yang menyebar secara viral itu diberitakan bahwa..... Semakin sering digunakan dan semakin populer banyak orang menggunakannya. Salah satu lagi ciri khas Kita adalah mudah menggunakan kata-kata baru, karena itu akan menaikkan gengsi dan menunjukkan kita update dengan teknologi dan informasi terkini. Di sisi lain, (sangat besar kemungkinan) sebenarnya tidak memahami arti kata yang digunakannya dengan tepat.

1 komentar:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish