Site and learn your application

Sabtu, 12 Maret 2016

Pengertian SEO, SEM, SMO, SMM, Serta Perbedaannya

Indo Amaterasu
Untuk meningkatkan jumlah pengunjung web blog kita dapat mengandalkan SEO (Search Engine Optimization) atau mengoptimalkan web blog dalam mesin mencari. Ternyata selain SEO ada beberapa teknik lain yang digunaakan untuk mendatangkan visitor yaitu SEM, SMO, dan SMM.

Dari namanya saja mungkin kita merasa asing dengan istilah tersebut, namun bagi mereka yang terjun di dunia Internet Marketing sudah menjadi makanannya sehari-hari. Apabila SEO dipadukan dengan SEM, SMO, dan SMM pasti hasilnya joss.

Baiklah supaya Anda paham apa itu SEO, SEM, SMO, SMM, serta perbedaannya beikut ini indoamaterasu jabarkan penjelasannya:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Sebelum mengetahui apa itu SEM, Anda juga harus memahami dulu apa itu SEO. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Search engine optimization atau optimasi mesin pencari merupakan sebuah strategi merancang, menulis, coding khususnya dengan XHTML serta pemrograman seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan berada di halaman utama pada fasilitas layanan mesin pencari menggunakan kata kunci dan frasa tertentu.

SEO yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Ada banyak artikel yang menuliskan tentang pengertian SEO dan berbagao strateginya. Kini giliran Anda harus memahami SEM atau Search Engine Marketing. Ini merupakan sebuah bentuk strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi berbayar. Atau bisa berarti sebuah trik pemasaran via online dengan cara meningkatkan visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin pencari.

Apabila Anda masih bingung, sederhananya Search Engine Marketing adalah tentang pengiklanan memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords, Facebook Ads serta Yahoo Search Marketing. Pada umumnya, pembayaran Search Engine Marketing biasanya dilakukan dengan cara pay per click maupun dengan ketentuan berapa lama waktu.

Jadi SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. Perusahaan layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.

3. SMO (Social Media Optimization)

SMO yaitu teknik internet marketing dengan memaksimalkan penggunaan media sosial. Menerapkan SMO gratis, berbeda dengan SMM yang harus membayar untuk menampilkan iklan di media sosial. Caranya adalah dengan membuat profil media sosial yang mengarah pada produk web/ blog Anda.

Teknik ini terbukti ampuh membuat orang lain mengetahui produk kita (web/ blog), sehingga kemungkinan mendapatkan kunjungan semakin besar. Sosial Media Optimization dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah.

Inti dari SMO adalah harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

Contoh SMO: Facebook Fanspage, Profil Google Plus, dsb.

4. SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing, dari namanya saja Anda bisa menebak artinya yaitu teknik marketing yang memanfaatkan jejaring sosial sebagai media pemasarannya. Contoh penerapan SMM adalah iklan pada Facebook yang muncul disamping kanan wall. Untuk menayangkan iklan tentang produk web/ blog di Facebook harus membayar.  Bila iklan tersebut diklik orang maka mengarah ke blog tujuan. Cara ini terbukti ampuh mengenalkan blog dan menaikkan visitor. Perusahaan besar dengan modal yang besar lebih memilih SMM daripada SEO.

Social Media Marketing juga bisa diterapkan secara gratis yaitu melalui Video Youtube, Postingan Facebook, Twitter, Linked In, dsb.

1 komentar:

  1. SEO merupakan salah satu rencana pemasaran yang solid untuk usaha kecil, menengah dan besar. Penggunaan landing page dan konten yang efektif akan membuat SEO sebagai outlet pemasaran yang tepat untuk membawa prospek yang berkualitas bagi bisnis dan pelanggan Anda. 5 alasan SEO bagi bisnis Anda

    BalasHapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish