Site and learn your application

Minggu, 17 April 2016

6 Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense

Indo Amaterasu
Setelah blog Anda diterima AdSense atau sudah mendapatkan akun Google AdSense, banyak blogger yang mengeluh karena pendapatan/ earningnya tak kunjung meningkat. Hampir 5 bulan menjadi publisher AdSense penghasilan perharinya kurang dari 2$.

Ternyata perjuangan mengumpulkan dolar lebih sulit daripada mendapatkan akun AdSense. Hampir semua publisher mengalami fase ini sebelum mereka sukses. Sebenarnya banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan earning AdSense. Untuk itu indoamaterasu mmebagikan tips kepada Anda, Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense.

Diluar sana banyak yang jualan eBook tentang Cara Meningkatkan Earning AdSense. Indoamaterasu dulunya juga pernah membelinya, namun nyesel karena isinya diluar ekspetasi. Hanya pengenalan dasar dan history mereka meraup sukses. Sejak saat itu tidak mau membeli eBook lagi, jadi kita harus jeli mana eBook yang berkualitas dan sekedar eBook.

Baiklah berikut ini 6 Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense yang berhasil indoamaterasu rangkum untuk Anda:

1. Tingkatkan traffick/ pengunjung blog
Setelah Anda memiliki traffic, sekarang saatnya Anda bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan traffick sebanyak mungkin. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, maka akan semakin besar pula peluang klik pada iklan adsense. Karena klik iklan tersebut berasal dari pengunjung blog, bukan berasal dari Anda sendiri selaku pemilik blog, jadi kalau blog Anda sepi tentu klik adsense juga akan ikutan sepi.

2. Niche dan Keyword
Kita sering sekali mendengar istilah niche dan keyword, untuk masalah keyword dijamin Anda pasti sudah memahaminya. Keyword adalah kata kunci yang kita bidik, sedangkan niche adalah sebuah blog yang fokus membahas tentang satu topik bahasan saja. Misalnya sebuah blog yang memiliki niche tentang Google AdSense, maka semua topik pembahasan didalam blog tersebut tidak jauh-jauh dari Google AdSense.

Pilihlah niche blog yang memiliki HPK (Hight Paying Keyword) misalnya seperti Asuransi, Google AdSense, Android, dan sebagainya. Selain itu bidik keyword yang sesuai dengan niche blog yang mengandung HPK atau memiliki CPC tinggi.

3. Penempatan Iklan AdSense
Jangan berfikir ketika Anda sudah memiliki blog dan sudah diterima menjadi publisher AdSense kemudian bisa memasang kode iklan AdSense dimana saja, dan dolar akan mengalir begitu saja ke rekening Anda, karena semua itu salah. Menjadi seorang publisher AdSense dibutuhkan strategi khusus untuk meningkatkan pendapatan AdSense Anda. Salah satu strategi tersebut adalah dengan menempatkan kode AdSense pada tempat-tempat tertentu. Karena penempatan iklan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap potensi klik dan nilai dari klik tersebut.

Pasang maksimal 3 buah unit iklan pada setiap blog Anda, kemudian tempatkan iklan tersebut pada halaman posting, karena dengan cara tersebut pengunjung yang sedang berkonsentrasi membaca konten blog Anda akan melihat iklan diantara tulisan yang sedang mereka baca, sehingga peluang klik iklan akan sangat besar sekali.

4. Ukuran Iklan AdSense
Meskipun saat ini sudah ada unit iklan responsive yang artinya ukuran iklan tersebut akan secara otomatis menyesuaikan lebar template, tetapi menurut pengalaman ukuran 300x250 dan 336x280 memiliki CPC dan jumlah klik yang lebih banyak.

5. Gunakan Template Fast dan Responsive
Penggunaan template responsive sangat berperan terhadap CPC dan earning AdSense. Karena template responsive ini ukurannya akan secara otomatis menyesuaikan ketika blog Anda dibuka melalui smartphone, jadi pastikan Anda mengecheck apakah template blog Anda sudah responsive atau belum, jika belum segera ganti dengan template yang responsive.

Karena menurut pengalaman yang terjadi pada blog indoamaterasu ini, jumlah pengunjung blog lebih dari 50% nya berasal dari android dan smartphone lainnya seperti blackberry, ipad, dan iphone. Selain itu jumlah pendapatan adsense lebih dari 60% nya juga berasal dari smartphone. Jadi sayang sekali jika Anda saat ini belum menggunakan tempalate blog responsive.

Selain itu perhatikan juga kecepatan loading dari blog, karena pasti visitor akan malas membuka blog yang loadingnya lambat, bahkan indoamaterasu sendiri cenderung akan menutup sebelum semua halaman blog tersebut terbuka. Lambatnya proses loading blog bisa dikarenakan oleh template yang Anda gunakan, jadi pastikan blog anda memiliki template yang fast loading.

6. Optimasi Seo blog
Sebenarnya ini sudah merupakan bagian dari point nomor 1, karena optimasi blog ini sangat berkaitan dengan jumlah visitor. Sebagai tambahan saja bahwa jika Anda ingin meningkatkan pendapatan adsense dan meningkatkan jumlah visitor tentunya Anda juga harus menguasai atau paling tidak mengerti tentang optimasi seo. Dengan seo yang bagus akan banyak sekali visitor blog yang datang dari mesin pencari, dan inilah yang diinginkan oleh hampir semua blogger, karena pengunjung tertarget yang datang dari search engine memiliki nilai CPC yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan visitor yang berasal dari media sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan yang lainnya.

Ada banyak sekali cara optimasi seo tersebut, salah satunya seperti menanam backlink berkualitas, update posting secara rutin, unik artikel (menulis artikel yang bukan hasil copy paste), konten yang berkualitas, dan masih banyak lagi cara optimasi seo yang tentunya dapat anda cari di google.

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak untuk cara-caranya.. Masih harus banyak belajar ttg GA biar terjadi peningkatan. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dan terus mencoba untuk berhasil. Semangat gan

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish