Site and learn your application

Senin, 04 April 2016

Menghindari File Corrupt Hasil Download

Indo Amaterasu
Terkadang bila kita mendownload file besar seperti master game diperlukan waktu berjam-jam bahkan bisa 1 hari penuh. Namun kalau file yang kita download tadi hasilnya Corrupt, pasti menyebalkan bukan?? palagi downloadnya lama, bikin greget.

Jika mengalami hal seperti itu, jangan langsung menyalahkan uploader file tersebut. Karena bisa jadi file asli yang di-upload oleh uploader tidak corrupt. Lalu kenapa bisa terjadi corrupt? File tersebut corrupt saat proses download.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan file tersebut rusak atau corrupt saat download, seperti koneksi internet lemot dan tidak stabil. Nah, untuk mencegah file hasil download tidak corrupt, kali ini indoamaterasu membagikan beberapa tips.

#1. Gunakan software Download Manager
Selain dapat mempercepat kecepatan download, file yang di-download dengan software download manager juga beresiko corrupt lebih kecil daripada file yang di-download dengan downloader bawaan browser. Anda bisa menggunakan software download manager seperti Internet Download Manager atau EagleGet.

#2. Jangan Download file besar jika koneksi tidak stabil
Berdasarkan pengalaman, koneksi internet yang tidak stabil sangat berpengaruh pada hasil download. Apalagi jika koneksi sering terputus ketika sedang download, kemungkinan besar hasilnya adalah corrupt. Anda bisa mencoba download menggunakan koneksi @wifi.id. Selain cepat selesai, kemungkinan file corrupt juga sangat kecil.

#3. Jangan terlalu sering pause-resume download
Kebanyakan software Download Manager dilengkapi dengan fitur pause-resume. Fitur tersebut sangat membantu kita apabila kita ingin memutus koneksi internet saat download belum selesai. Namun, apabila terlalu sering menggunakan fitur ini, file hasil download kamu bisa menjadi corrupt karena terkadang server salah mengirimkan perintah ketika kamu me-resume download.

#4. Turunkan jumlah maksimal koneksi pada Download Manager
Semakin banyak jumlah koneksi, tentu kecepatan download juga akan semakin cepat. Namun, jumlah koneksi yang terlalu banyak dapat menyebabkan file hasil download menjadi corrupt karena file akan dibagi-bagi sehingga kinerja harddisk akan semakin berat. Untuk itu, disarankan untuk menurukan jumlah maksimal koneksi pada Download Manager.
1. Buka software Download Manager Anda
2. Pilih tab Connection, kemudian ganti Default max connection number-nya. Semakin kecil, semakin baik

3. Terakhir klik OK.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish