Site and learn your application

Selasa, 05 April 2016

Nantinya Semua Blogger Menggunakan Saluran Enkripsi HTTPS

Indo Amaterasu
Pada awal bulan April 2016, Google memberikan notifikasi pada dashboard blogger yang berisi tentang saluran enkripsi. Nantinya semua blog yang menggunakan platform blogger akan menggunakan HTTPS. Sebenarnya saat ini juga bisa menggunakan HTTPS, namun harus mengaktifkannya sendiri di setelan Blogger. Saluran enkripsi ini akan tersedia secara otomatis pada akhir bulan April 2016.

Semua pemilik blogger nantinya secara otomatis telah terenkripsi. Misalkan Anda memiliki blog yang beralamatkan http://indoamaterasu.blogspot.com, nantinya enkripsi HTTPS muncul di depan URL blog sehingga menjadi https://indoamaterasu.blogspot.com. Berikut ini kutipan notifikasi di dashboard blogger.
Hadir di akhir April!
Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bagian dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.
Kegunaan Saluran Enkripsi (HTTPS)
Pernahkah Anda melihat situs besar seperti Twitter, BRI, BCA, yang menggunakan HTTPS? tujuannya untuk keamanan web itu sendiri. Bisa dibilang bila menggunakan saluran enkripsi, hacker sulit membobolnya. Bila menggunakan platform selain blogger.com untuk menggunakan HTTPS harus membeli/ menyewa di jasa penyewaan hosting dan domain.

Baca: Memahami Kegunaan SLL Certificate Pada Website/ Blog

Saluran enkripsi (HTTPS) merupakan bagian SSL bila menggunakan platform selain Blogger. SSL (Secure Sockets Layer,) adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk komunikasi dokumen yang membutuhkan privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data. SSL memastikan data transaksi yang terjadi secara online di enkripsi/acak sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi. Dari keamanan tersebut diharapkan turut menciptakan kepercayaan dan rasa aman ketika pengunjung website melakukan transaksi di website Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish