Site and learn your application

Kamis, 14 April 2016

Tampilan Blue Screen Windows 10 Yang Keren

Indo Amaterasu
Inilah salah satu ciri khas sistem operasi Windows, yaitu Blue Screen. Hampir semua versi Windows menampilkan pesan ini ketika komputer terjadi crash. Blue Screen merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna Windows. Betapa tidak, bila terkena Blue Screen pengguna tidak dapat berbuat banyak, pasti komputer akan merestart dan atau hang.

Pengguna Windows tentu akrab dengan “Blue Screen of Death” (BSOD, atau biasa disingkat Blue Screen) yang akan muncul ketika komputer mengalami crash karena suatu sebab dan terpaksa di-restart. Kecuali gigit jari atau pasrah, biasanya tak banyak yang bisa dilakukan ketika layar mengerikan ini tiba-tiba muncul. Serangkaian penjelasan yang muncul di Blue Screen pun sukar dimengerti.

Nah, di pembaruan Windows 10 berikutnya, Microsoft disinyalir bakal membuat Blue Screen tersebut tampil keren. Tampilan barunya dinilai keren karena bisa membantu pengguna mencari penyebab pasti ketika sistem crash,berbeda dari tampilan saat ini yang banyak membuat pengguna kebingungan. Sebagaimana dikutip dari The Inquirer, bantuan dimaksud adalah QR Code yang bisa dipindai oleh ponsel. QR Code ini berisi URL yang akan mengarahkan pengguna ke laman Microsoft, di mana terdapat penjelasan mengenai penyebab masalah.

Keberadaan QR-Code Blue Screen ini terungkap dari Windows 10 Insider Preview build 14316. Ia tampak berada di bawah karakter smiley ASCII berbentuk wajah sedih. Untuk sekarang, QR Code yang bersangkutan hanya menuju URL windwos.com/stopcode. Ke depan, Microsoft mungkin berencana menyediakan laman khusus berisi informasi lebih detail.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish