Site and learn your application

Jumat, 06 Mei 2016

Arti DPI (Dot Per Inch) Pada Printer

Indo Amaterasu
Istilah DPI sering muncul pada resolusi printer. DPI berpengaruh pada hasil cetak teks dan foto. Namunn semakin besar DPI membuat gambar semakin tajam, tetapi kebalikannya jika memiliki gambar yang resolusinya kurang maka gambarnya pun tidak akan tajam. Dot per inch (DPI) adalah bentuk dari suatu hasil cetak atau visual, dimana merupakan kumpulan titik dalam ukuran inchi (2,54cm).

Nilai dari DPI (Dot per Inch) berkorelasi secara tidak langsung dengan resolusi/ ketajaman gambar. Printer Dots Ukuran DPI (Dot per inch) ini tidak dapat diukur secara kasat mata, karena harus dilihat dengan menggunakan lensa khusus. Jika Anda ingin mencetak dokumen printer dengan resolusi 300 DPI saja sudah cukup bagus. Namun jika Anda ingin mencetak photo disarankan menggunakan printer dengan resolusi lebih dari 1200 DPI agar fotonya maksimal.

Sebagai contoh Printer Dot Matrix, printer ini memakai jarum, sehingga hasil cetakan kurang baik. Hasil cetak yang dihasilkan hanya 60-90 DPI. Sedangkan Inkjet Printer memakai tinta cair, Hasil cetaknya lebih tajam dengan resolusi antara 300-600 DPI. Untuk Ptinter Laser menggunakan serbu hasil cetaknya lebih baik dibandingkan Printer Dot Matrik dan Inkjet Printer. Ptinter Laser memiliki resolusi mulai dari 600 DPI - 2400 DPI.

Ukurarn DPI juga dipengaruhi oleh PPI (Pixel Per Inch) pada layar monitor. Semakin tinggi ukuran PPI pada layar, hasil cetak yang diciptakan semakin baik. Printer dengan DPI yang tinggi dapat mencetak Output secara detail. Namun hal ini juga bergantung pada setting dari printer tersebut. Semua printer di dunia menggunakan standart cetak dengan ukuran DPI. PPI & DPI ukuran DPI (Dot Per Inch) hasil cetak printer juga dipengaruhi oleh ukuran PPI (Pixel Per Inch) yang tampak pada layar monitor. Sehingga semakin tinggi ukuran PPI (Pixel Per Inch) pada layar visual, akan menciptakan hasil cetak yang bagus.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish