Thursday, May 19, 2016

Ciri-Ciri Blog Yang Artikelnya Hasil Copy Paste

Tantangan utama menjadi seorang Blogger adalah menulis. Kalau mengetik saja semua bisa, tetapi mengetik yang benar-benar alami (original) bukan hasil copy paste pasti susah terutama buat mereka yang mencoba ngeblog.

Membuat artikel 50 kata dalam 1 postingan susahnya minta ampun, banyak penggunaan kata yang diulang-ulang dan akhirnya ceritanya mbulet hehe. Tetapi itu wajar kok, nanti kalau sudah terbiasa akan menjadi jurnalis yang hebat untuk blog sendiri.


Yang nggak wajar kalu terus-terusan copy paste artikel dari blog orang lain dan atau karya ilmiah perkulihahan. Sebenarnya tidak ada aturan baku cara menulis artikel yang baik dan benar, bahkan Googlejuga tidak membuat pedoman penulisan ngeblog.

Yang terpenting dari artikel yang ditulis kelihatan profesional, sehingga pembaca senang dengan blog. Meski begitu blogger tidak boleh asal-asalan menulis artikel. Baiklah berikut ini Ciri-Ciri Blog Yang Konten Artikelnya Hasil Copy Paste.

# Ciri Blog Yang Artikelnya Hasil Copas dari Blog Orang Lain
Cara mudah mengetahui artikel tersebut asli atau hasil Copas yaitu dengan melihat gaya huruf yang digunakan. Misalnya Anda mengcopy artikel orang lain yang menggunakan Times New Roman, kemudian blog Anda menggunakan font Trebuchet MS, maka hasinya tidak matching/ pas.


# Ciri Blog Yang Artikelnya Hasil Copas Karya Imiah dan atau Makalah
Silahkan Anda lihat contoh potingan gambar di bawah ini. Terlihat jelas artikel tersebut hasil Copas dari makalah, dan atau karya ilmiah. Penulisan awal paragraf masuk ke dalam serta judul lagi di bawah Judul postingan blog, mirip dengan karya ilmiah hehe.


4 comments

Selain itu mereka dalam pengutipan tidak sesuai dengan penulisan ilmiah yang seharusnya. Dan juga melupakan daftar pustaka atau sumber referensi. Biasanya kebanyakan blogger seperti itu.

Sepertinya itu ga perlu dicontoh, dengan hal ini jadi pembelajaran buat kita, makasih.

Mas juga hati-hati jangan lupakan sumbernya.

Hehe iya mas, kalau melihat ide dari blog orang lain dan diolah dengan bahasa sendiri itu lebih bagus. Namun bila mengutip artikel dari blog orang lain wajib menyertakan sumbernya.

Ajarin Saya jadi penulis keren mas hehe

Boleh mas, apalagi kalau mas bergabung dengan Forum Lingkar Pena, bakal diajarin secara bertahap. :)

Itu forum online ya mas, wah pengen belajar nih hehe :)


EmoticonEmoticon