Site and learn your application

Senin, 09 Mei 2016

Hindari 5 Kebiasaan Salah Dalam Ngecharge Hape

Indo Amaterasu
Tahukah Anda kenapa hape canggih/ smartphone baterainya cepat habis? dan kenapa hape jadul baterainya bisa tahan lama bahkan sampai seminggu penuh? jawabannya tergantung dari fitur yang ditawarkan hape tersebut. Tentu hape jadul dengan fitur SMS, Telpon, dan lampu Senter lebih hemat daya karena pemakaian listriknya kecil.

Bila dibandingkan dengan hape Android, iPhone, dan Blackberrry Messesnger pasti baterainya cepat habis, bahkan dalams sehari bisa ngecharge 4 kali. Yang membuat boros adalah ukuran layar, kecerahan layar, dan fitur internet. Untuk menyalakan layar smartphone butuh listrik yang besar, penggunaan internet juga memakan baterai karena hape memaksa kinerja RAM yang membuat kapasitas baterai cepat mati.

Tentu ketika baterai mau habis atau sudah habis langkah darurat yang dilaksanakan adalah ngecharge hape. Berikut ini kebiasaan seputar negcharge hape yang kita anggap benar ternyata belum tentu benar. Ada 5 kebiasaan salah dalam isi ulang baterai smarphone, selengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

1. Jangan Gunakan Sembarang Charger
Perangkat charger smartphone dan tablet Android memiliki bentuk yang seragam sehingga sering dipakai bergantian untuk semua perangkat. Padahal, tiap perangkat memiliki charger dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan jenis perangkat dan kapasitas baterainya. Charger perangkat tablet biasanya memiliki ukuran ampere yang lebih besar.

Charger yang tidak sesuai spesifikasi secara perlahan akan mengurangi kinerja baterai smartphone. Jadi, mulai sekarang jangan pakai charger tablet untuk mengisi baterai ponsel. Gunakan charger orisinal atau yang sesuai spesifikasi standar ponsel Anda.

2. Berhenti Gunakan Power Bank
Perangkat baterai portabel (powerbank) sering kali menjadi penyelamat saat baterai smartphone sekarat. Namun, banyak pengguna yang sering kali mengisi daya lewat powerbank meski tidak sedang darurat dan sebenarnya memungkinkan menggunakan perangkat charger.

Hentikan kebiasaan nge-charge smartphone seperti itu. Keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang.  Tak seperti charger via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone. Ditambah lagi dengan banyak beredarnya powerbank dengan kualitas rendah.

Kebiasaan buruk lain yang perlu disetop adalah men-charge smartphone menggunakan laptop atau PC melalui kabel data. Seperti powerbank, arus listrik dari komputer tidak dirancang untuk mengisi daya smartphone sesuai standar. Jadi mulai sekarang, hanya gunakan powerbank dan komputer jika benar-benar dalam keadaan darurat.

3. Stop Ngecharge Semalaman
Kondisi ekstrim berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Men-charge terus smartphone yang sudah penuh dalam waktu lama tidaklah baik. Yang sering dilakukan adalah men-charge ponsel semalaman.

Smartphone terkini memang sudah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang menjaga baterai berhenti diisi saat penuh. Namun, beberapa riset menyebutkan baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh 100 persen, cukup sampai 80-90 persen. Jadi, tak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan nge-charge semalaman agar usia baterai bisa lebih panjang.

4. Jangan Biarkan Baterai Kosong Kelamaan
Membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

Alasannya, jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan tidur. Jika tak cepat-cepat dibangunkan, kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Pengisian daya terbaik, berdasarkan sejumlah riset, saat baterai berada di bawah angka 40 persen, pada kisaran 15 sampai 35 persen.

5. Hilangkan Kepercayaan Baterai Bisa Hidup Selamanya
Manusia saja hidup hanya sementara, apalagi baterai smartphone. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakal semakin menurun. Walau pengguna telah merawat baterai dengan benar, setiap baterai punya umur. 

Untuk itu, jangan sedih. Bersedialah membeli baterai baru demi kesehatan smartphone. Tips yang telah dipaparkan hanya mampu memanjangkan umur baterai, bukan membuatnya abadi. Memang banyak smartphone terkini yang tidak memberi opsi pengguna untuk mengganti baterai dengan mudah. Untuk itu, silakan hubungi teknisi atau pusat layanan terdekat.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish