Site and learn your application

Rabu, 11 Mei 2016

Modem Yang Cepat Apa? Pertanyaan Salah Dalam Memilih Modem

Modem adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet. Bentuk modem sangat bervariasi tergantung pabrikan mau buat yang seperti apa. Modem yang tersedia dipasaran dapat dihunungkan ke komputer menggunakan port USB.

Ide penulisan artikel ini berdasarkan fakta di lapangan yanag menanyakan "Modem yang cepet apa ya Mas?" sebelum menjawab pertanyaan tersebut sempat tersenyum dan meluruskannya, seharusnya yang ditanyakan "Modem yang bagus itu apa?" Provider yang murah dan cepat itu apa?"

Sangat disayangkan banyak orang yang belum paham tentang modem, terutama bagi mereka yang akan membeli modem untuk online. Sejatinya semua modem itu sama, yang membedakan hanyalah harga, fitur yang ditawarkan, dan keawetan dari modem itu sendiri. Modem tidak mempengaruhi kcepatan internet. Meskipun pada modem tertera kecepatan hingga 72 Mbps atau 4LTE, kalau provider di daerah Anda masih sekelah E (Edge), kecepatan internetnya lemot.

Saran bagi Anda yang ingin membeli modem, bahawa semua modem itu sama. Masalah kecepatan tergantung pada provider/ operator jaringan dan paket internet yang Anda pilih. Biasanya menggunakan kutoa lebih cepat akses internetnya daripada paket unlimited dengan batasan speed. Yang termasuk provider adalah seperti Indosat, Telkomsel, Axis, Tri (3), dan yang lain sebagainya.

Pastikan juga daerah Anda telah tercover jaringan 3G, HDSPA, dan 4LTE, untuk menikmati akses internet cepat. Namun bila jaringannya masih E (Edge) dan GPRS, menggunakan modem paling bagus dan mahal sekalipun akses internet Anda tetap lemot.

Semoga tulisan ini memberikan gambaran kepada Anda yang ingin membeli modem baru. Semoga bermanfaat :)

2 komentar:

  1. betul, modem itu tergantung provider apa yang dipakai dan kekuatan signal nya dilokasi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener sekali gan, tapi masih banyak juga yang awam tentang memilih modem

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish