Site and learn your application

Selasa, 14 Juni 2016

12 Ciri-Ciri Smartphone Android Yang Terkena Spyware

Indo Amaterasu
Banyak isu yang beredar mengatakan bahwa Android rentan Spyware, apakah memang demikian? untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri smartphone Android yang terkena Spyware. Google sendiri telah menjamin bahwa sistem operasi Android buatannya aman dari tangan jahil, Google juga rajin memberikan update patch scurity Android.

Kabarnya hacker memanfaatkan celah Android untuk menyisipkan progran berbahanya bernama Spyware untuk mengamati aktivitas penggunanya. Hal yang paling buruk data-data Anda dapat diketahui orang lain akibat Spyware ini.

Spyware adalah jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di Android maupun di Internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya.

12 Ciri-Ciri Smartphone Android Yang Terkena Spyware:

1. Perhatikan perilaku aneh ponsel 
Jika ada spyware atau aplikasi pengintai yang terpasang di ponsel, ada kemungkinan ponsel akan menunjukkan hal aneh. Contohnya, lampu led yang menyala padahal tidak ada notifikasi, restart secara otomatis, atau menimbulkan bunyi tertentu meski notifikasi tidak ada.

2. Baterai lebih boros dari biasanya 
Yang dimaksud disini adalah baterai yang cepat habis padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang memungkinkan hal tersebut. Bagi pengguna ponsel, biasanya sudah hapal dengan kemampuan baterai ponselnya. Nah, jika baterai lebih cepat habis dibanding biasanya, waspadalah, bisa jadi hal ini karena ada aplikasi pengintai atau spyware yang tersembunyi dan sedang bekerja tanpa diketahui.

3. Suara aneh saat menelepon 
Perhatikan pula suara bising yang terjadi saat melakukan telepon. Jika mendengar bunyi bip atau suara aneh lainnya, bisa jadi aktivitas Anda sedang dipantau atau sedang direkam. Aplikasi perekam suara telepon biasanya suka menimbulkan suara-suara aneh tersebut. Gejala lain yang terjadi bisa berupa perubahan kualitas suara secara tiba-tiba saat melakukan telepon.

4. Sering restart dan shut down 
Spyware atau aplikasi pengintai juga bisa menyebabkan seringnya ponsel melakukan restart atau mati tanpa sebab. Jika Anda yakin sebelumnya ponsel sedang tidak bermasalah, bisa jadi hal tersebut karena telah ‘terganggu’ oleh serangan spyware dan sejenisnya. Atau Bisa jadi hal ini disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terpasang di Android Anda. Jika yakin dengan aplikasi bermasalah tersebut, segera hapus sebelum hal mengganggu lainnya terjadi pada ponsel. Jika gejala masih terjadi, hal terakhir yang mesti dilakukan adalah lakukan reset. Jangan lupa untuk menyelamatkan terlebih dahulu data penting yang ada.

5. Suara asing saat ponsel tidak digunakan
Perhatikan jika Anda mendengar suara aneh saat ponsel sedang tidak digunakan atau dalam kondisi idle. Jika ini terjadi bisa dijadi ponsel bisa jadi Anda sedang diintai oleh spyware atau lainya.

6. Penggunaan data yang tinggi 
Aplikasi spyware sering menggunakan banyak data untuk mengirim informasi ke server mereka. Hal ini menyebabkan penggunaan data yang meningkat tanpa disadari. Pastikan Anda memantau penggunaan data secara berkala guna mencari tahu apakah ada penggunaan yang tidak wajar.

7. Terdapat delay saat shut down
Pernahkan proses shut down ponsel memakan waktu cukup lama dibanding biasanya? Jika hal ini berulang kali dan hasilnya sama, bisa jadi ini salah satu gejala ponsel sudah terjangkit spyware.

8. Perhatikan aplikasi aneh
Buka app drawer dan perhatikan apakah ada aplikasi baru yang terpasang padahal Anda tidak pernah memasangnya. Jika iya berhati-hatilah menjalankannya karena bisa jadi aplikasi ini telah disertai spyware yang akan menyerang dan mengintai ponsel secara tersembunyi. Jika dari app drawer tidak terlihat aplikasi aneh, coba periksa melalui Application Manager yang terdapat pada pilihan Settings.

9. Panas saat kondisi idle
Jika ponsel terasa panas yang tidak wajar padahal dalam kondisi idle atau tidak terpakai, bisa jadi aplikasi pengintai atau spyware sedang bekerja tanpa diketahui.

10. Ponsel menjadi lambat
Kombinasi antara hardware dan software (Android) saat ini telah dirancang agar mampu berjalan lancar. Jika tiba-tiba ponsel mengalami lag atau kinerjanya melambat padahal sebelumnya tidak demikian, bisa jadi ponsel telah terpasang spyware atau terintai melalui aplikasi berbahaya lainnya.

11. File atau folder asing
Jika memasang File Manager, perhatikan file atau folder yang ada. Pantau keberadaan file atau folder mencurigakan yang ada secara tiba-tiba. Jika menemukannya, bisa jadi ponsel telah terpasang pengintai atau spyware.

12. SMS atau pesan aneh
Meski jarang terjadi namun dilaporkan bahwa beberapa spyware juga mengirim pesan melalui SMS yang didalamnya terdapat kode atau simbol-simbol aneh. Jika Anda menemukan hal ini, segera lakukan pembersihan dan perlindungan untuk pencegahan selanjutnya.

1 komentar:

  1. Installation takes less than five minutes time so you can start spying on anyone you want, have a peek at this web-site right now.

    BalasHapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish