Site and learn your application

Rabu, 01 Juni 2016

Cara Mengatasi RAM Dual Chanel Terbaca Single Chanel di Motherboard MSIB85M Gaming

Indo Amaterasu
Apakah Anda termasuk salah satu pengguna Motherboard MSI dengan seri MSI B85M Gaming? Motherboard dengan chipset B85 ini tujukan untuk kalangan gamer dengan dana terbatas tetapi tetap mengedepankan fitur gaming.

Ciri khas Motherboard gaming MSI adalah hitam dengan logo naga berwarna merah yang membuat tampilannya makin garang. Bagi pengguna Motherboard MSI B85M Gaming barang kali ada yang bermasalah seperti dialami admin indoamaterasu yang menggunakan Memory RAM Dual Chanel terbaca Single Chanel di CPU-Z.

Setelah membeli RAM Kingston Hyper Fury DDR3 8 GB Dual Chanel (2x4) dan meamasangnya di Motherboard MSI B85 M Gaming setelah dichek menggunakan aplikasi CPU-Z terbaca Single Chanel. Aneh bukan?

Download CPU-Z Aplikasi Untuk Melihat Memory RAM Single Chanel atau Dual Chanel

Rasanya kalau dari Motherboardnya nggak mungkin bermasalah karena dilihat di situs resminya MSI mendukung Dual Chanel. Sudah mencoba update BIOS seperti yang disarankan para master namun tetap terbaca Single Chanel. Sudah mencoba membersihkan DIM/ Slot tempat memasang Memory RAM hasilnya jug sama. Akhirnya berfikiran ada yang nggak beres dengan Memory RAM Dual Chanel yang baru dibeli.

Setelah berpusing ria selama 1 jam ketemu juga solusinya, ternyata terletak pada posisi RAM Dual Chanel dipasang. Untuk Motherboard yang DIM/ Slot berwarna-warni misalnya Hitam dan Biru cara memasangnya tinggal menyesuaikan warnanya.


Cara pemasangan Memory RAM Dual Chanel pada Motherboard dengan DIM/ Slot warna-warni.

Sedangkan Motherboard yang DIM/ Slotnya 1 warna seperi MSI B85M Gaming cara pemasangan RAM Dual Chanel harus diberi jarak. Supaya lebih jelas silahkan lihat gambar berikut ini.

Cara pemasangan Memory RAM Dual Chanel pada Motherboard MSI B85M Gaming

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish