Site and learn your application

Senin, 13 Juni 2016

Cara Mengetahui Komputer Suport Windows 64 BIT

Indo Amaterasu
Pada umumnya semua sistem operasi dibedakan menjadi 2 macam yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Begitu juga dengan Windows, ada yang 32 dan 64 Bit. Lalu bagus manakah antara Windows 32 Bit dan 64 Bit? ya tentu bagus 64 Bit. Namun tidak semua komputer bisa dipasang Windows 64 Bit, untuk itu Anda harus mengecheknya sendiri suport 64 Bit atau tidak.

Untuk menggunakan Windows 64 Bit diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi dibandingkan 32 Bit. Idealnya Windows 32 Bit memerlukan RAM 2 GB, sedangkan Windows 64 Bit minimal 4 GB. Komputer sendiri terdiri dari PC dan Laptop/ Netbook. Yang menentukan suport 64 Bit atau tidak itu tergantung dari prosesor yang digunakan, bukan perangkat lainnya.


Sebelum ke tahap cara mengetahui komputer suport Windows 64 Bit atau tidak sebaiknya Anda paham dulu pengertian Windows 32 Bit dan 64 Bit. Istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada cara komputer prosesor menangani informasi. 64 bit versi Windows menangani sejumlah besar RAM lebih efektif daripada sistem 32 bit. Pada dasarnya, OS 64 bit jauh lebih unggul dibandingkan dengan OS 32 bit. Jadi, secara sederhana perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor pada saat tertentu.

Sedangkan kata Bit mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, di mana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32 bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Untuk memaksimalkan kinerja komputer, tentu saja kita harus menyesuaikan anatara versi operating sistem dengan jenis Processornya. Misalnya apabila Processor kita sudah 64-bit maka sebaiknya ketika menginstal sistem operasi kita pilih yang versi 64-bit. Mulai dari sistem operasi Windows XP, sudah terdapat versi 64-bitnya. Yang harus kita ketahui, bahwa kita bisa menginstal sistem operasi 32 bit pada Processor 64-bit tetapi tidak sebaliknya, kita tidak bisa menginstal sistem operasi 64-bit pada komputer dengan Processor 32-bit.

Cara Mengetahui Komputer Suport Windows 64 BIT:
1. Download Securable or Mirror Download
2. Jalankan dengan klik kanan Run As Administrator
3. Securable akan menampilkan suport 64 Bit dengan tanda Yes Yes.


Cara Mengetahui Sistem Operasi Yang Terinstall Pada Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit:
1. Klik kanan My Computer
2. Perhatikan System Type, bila menggunakan Windows 64 Bit muncul tulisan 64-bit Operating System, x64-based processor.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish