Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Status CTC JNE On Process

CTC JNE On Process

Bagi pengguna jasa kurir JNE yang menggunakan paket CTC harap menanyakan ke JNE dan pengirim bila melebihi waktu estimasi pengiriman. Untuk paket CTC umumnya 2-4 hari barang sudah sampai ke penerima. Bila melebihi waktu yang ditentukan si penerima harus aktif menanyakan ke JNE, takutnya barangnya hilang.

Keluhan bagi pelanggan JNE dengan paket CTC adalah statusnya On Process. Jadi Anda tidak bisa melacak keberadaan barang ada dimana. Parahnya lagi semua call center JNE pusat baik melalui email, telpon, facebook, dan twitter tidak menanggapi keluhan ini.

Mau ditunggu sampai kapanpun statusnya tetap On Process. Cara terbarik penerima harus aktif menanyakan ke Perwakilan JNE di kota Anda, atau Sub Agen JNE, dan ataupun Agen JNE. Intinya bila memiliki bukti resi pengiriman bisa ditanyakan ke JNE manapun.

Selain itu bila Anda merupakan buyer juga harus aktif sama seller untuk minta dibantu menguruskan permasalahan ini. Bila barang masih di gudang asal pengiriman nanti bisa di cek di JNE pengirim untuk segera dikirimkan ke penerima.

Baca: Yang Dapat Dihubungi Untuk Menyampaikan Keluhan JNE

Bila Anda membiarkan saja bisa-bisa kiriman Anda lenyap. Mau melakukan klaim hanya diganti 10 kali biaya kirim saja. Tentu bila Anda membeli barang mahal ini sangat rugi bila hilang/ rusak, itupun yang berhak mengklaim adalah si Seller. Untuk itu bila belanja online dengan nilai nominal barang mahal mintalah sama si Seller untuk mengansuransikan. Cara menghitung asuransi yaitu 0.2 % (Harga nominal barang + Ongkir).

Sekilas Tentang CTC JNE
CTC JNE adalah kepanjangan dari City To City. Paket ini dikhususkan untuk tujuan antar kota, biasanya 2 hari barang telah sampai. Misalnya Surabaya - Malang, dan Surabaya - Trenggalek.

Yang Harus Diperhatikan Bagi Buyer (Pembeli)
Tanggung jawab seller/ penjual tugasnya memastikan barang sampai ke penerima. Bila terjadi masalah seperti barang hilang, penjual tidak menggantinya. Kecuali barang sampai ke tangan Anda dalam keadaan rusak baru diganti.

Seharusnya bila barang hilang, tertukar, atau rusak tanggung jawabnya ada di JNE. Tetapi JNE juga telah membuat Terms Of Service (TOS), dan pengguna jasa JNE telah setuju bila menggunakan jasanya.

Masalah Status CTC JNE On Process
Ternyata status On Process pengguna CTC JNE bukan dialami @admin indoamateasu saja, banyak sekali aduan di media sosial yang mengalami hal yang sama. Ada yang hilang dan ada juga yang terkirim sampai tujuan.

Ide penulisan artikel ini bermula ketika @admin indoamaterasu membeli SSD Patriot Blast 240 di salah satu toko komputer online di Surabaya dengan tujuan pengiriman Trenggalek. Sudah 2 kali beli di sini dan 2 hari sampai di rumah. Anehnya ketika membeli SSD barang tidak kunjung sampai padahal batas pengiriman sudah habis.


Akhirnya tanya ke sellernya, gan SSDnya kok belum sampai. Akhirnya dengan ramah menjawab: nanti akan Saya tanyakan ke temenku yang di JNE Juanda Surabaya. Kemudian @admin indoamaterasu ditelpon katanya sudah sampai di Sub Agen JNE Trenggalek mas, sampeyan ke sana aja.

Tidak menunggu lama langsung meluncur ke sana, Wuzzz. Berjalan dengan wajah sumringah menemui CSnya, dan menanyakan apakah barang sudah sampai.... Jawabnya belum sampai. Wah ada yang nggak beres nih.

Kemudian telpon ke sellernya lagi, gan sudah di cek kok belum ada ya? tolong dibantu solusinya. Seller menjawab baiklah mas, nanti Saya cek di JNE Pengirimnya... barangnya masih digundang atau sudah dikirim.

Beberapa hari kemudian barang sampai ke rumah, Tara... senangnya hatiku hehe.