Site and learn your application

Rabu, 08 Juni 2016

Pentingnya Memilih Toko Online Dengan Jaminan Asuransi Pengiriman

Indo Amaterasu
Sekarang ini apapun bisa dibeli secara online dan barang yang di inginkan cepat sampai rumah. Ketakutan dalam jual beli online terutama bagi pembeli yang baru pertama kali akan beli online adalah barang sampai di rumah atau tidak. Maraknya penipuan membuat para pembeli sedikit khawatir, soalnya banyak sekali toko online di Indonesia.

Bila ingin aman bisa membeli di Bukalapak dan Tokopedia, di sana banyak para penjual barang. Ketika kita memutuskan untuk membeli maka uang dikirim ke Bukalapak atau Tokopedia. Penjual wajib mengirimkan resi pengiriman ke Bukalapak atau Tokopedia. Bila nantinya barang telah sampai ke penerima maka penjual akan mendapatkan uang hasil penjualan ke Bukalapak atau Tokopedia. Tetapi bila barang tidak sampai ke pembeli bisa mengajukan komplain, maka uang akan dikembalikan, dan penjual tidak dapat apa-apa.

Masalahnya bila beli barang di perantara seperti Bukalapak dan Tokopedia harganya sedikit lebih mahal dan pengiriman agak lama bila dibandingkan dengan toko online yang tanpa perantara. Misalnya enterkomputer.com, klikgalaxy.com, dan lain sebagainya. Yang menarik ada toko online murah dengan menawarkan jaminan asuransi pengiriman. Misalnya Anda membeli prosesor cor i7 seharga 5 juta dengan paket pengiriman JNE sebesar 17 ribu sampai ke Malang. Biaya 17 ribu tersebut sudah termasuk asuransi. Besarnya asuransi JNE adalah sebesar 0.2% dengan rumus 0.2% x Harga Barang + Biaya Kirim.

Guna asuransi adalah untuk antisipasi bila barang yang Anda beli hilang atau rusak dalam pengiriman. Dengan asuransi JNE barang dapat diklaim dan diganti yang baru. Bila tidak menggunakan asuransi dengan mengklaim ke JNE maka akan diganti biaya kirim @10 kali. Seperti contoh di atas harga prosesor core i7 5 juta, misal biaya kirimnya 15 ribu tanpa asuransi maka klaimnya 15 ribu x 10 = 150 ribu.

Saran Bagi Pembeli
Sebaiknya pilih toko online yang menawarkan asuransi pengiriman JNE, meskipun biayanya sedikit lebih mahal tetapi ada yang nanggung bila terjadi sesutu yang tidak di inginkan.

2 komentar:

  1. Saya setuju dengan adanya rekening bersama seperti yang dilakukan tokopedia, bukalapak, dan lainnya.

    Kalau beli produk buku atau dvd ruqyah di tempat barang jaminan sampai yang pasti menggunakan JNE sebagai jasa pengirimannya. Kecuali yang daerah pegunungan gitu biasanya menggunakan pos Indonesia biar bisa sampai. Karena JNE dan Tiki umumnya belum punya cabang di daerah kecil.

    Apalagi 10 hari sebelum hari lebaran umumnya pengiriman akan overload. Jadi saya sebagai penjual menghimbau pesannya sebelum 10 hari tersebut.

    Sangat bermanfaat infonya, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kedua toko di atas merupakan perantara terbaik. Apalagi menjelang lebaran, pasti kiriman lemot. Istilahnya bisa membuat pembeli amanlah bila terjadi hal yang di inginkan

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish