Site and learn your application

Rabu, 01 Juni 2016

Penyebab Memory RAM Dual Chanel Terbaca Singel Chanel dan Cara Mengatasinya

Indo Amaterasu
Bagaimana rasanya bila Anda membeli Memory RAM Dual Chanel setelah dipasang di Mainboard Komputer/ Laptop terbaca Singel Chanel di CPU-Z? Pasti mengira ada yang tidak beres dengan RAM yang dibeli atau bermasalah dengan Mainboard yang digunakan. Sebelum Anda berpusing ria dan mengklaim garansi sebaiknya chek dulu penyebab Memory RAM Dual Chanel terbaca Single Chanel.

Ide penulisan artikel ini murni pengalaman pribadi admin indoamaterasu yang ketika itu upgrdae dari Corsair Vengeance DDR3 4 GB (2X2) Dual Chanel ke Kingston Hyper Fury DDR3 8 GB (2X4) Dual Chanel. Pada saat masih menggunakan Corsair belum sempat ngechek apa benar-benar sudah terbaca Dual Chanel apa belum, tetapi setelah menggunakan Kingston baru chek dan hasilnya sangat mengecewakan.

RAM Dual Chanel yang Saya beli terbaca Single Chanel, sempat menyimpulkan bermasalah dengan RAM atau Mainboardnya. Sudah melakukan update BIOS hasilnya tetap sama yaitu terbaca Single Chanel. Ternyata setelah didiagnosa dan browsing dari berbagai sumber ada beberapa hal yang menyebabkan RAM Dual Chanel terbaca Singel Chanel.

Penyebab RAM Dual Chanel terbaca Singel Chanel:
1. Pastikan Mainboard Komputer suport Dual Chanel
2. Pastikan Memory RAM yang Anda beli benar-benar Dual Chanel dengan merek dan spesifikasi yang sama. Bukan 2 keping RAM yang berbeda spesifikasinya, meskipun menggunakan merek yang sama bila spesifikasi dan teknologi yang digunakan berbeda tetap terbaca Single Chanel
3. Pastikan Memory RAM Dual Chanel Anda dapat dijalankan bila harus terpasang 2 keping. Bila dipasang 1 keping nyala berarti bukan Dual Chanel
4. Lihat DIM/ Slot tempat menacapkan Memory benar-benar bersih
5. Chek update BIOS Mainboard sudah suport Dual Chanel apa belum.

Cara Mengetahui Memory RAM yang dipasang Dual Chanel atau Single Chanel
Untuk melihatnya bisa menggunakan aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di situs resminya atau pada link berikut ini.




Cara Mememperbaiki RAM Dual Chanel terbaca Single Chanel di CPU-Z:
Apa bila Anda telah mempelajari penyebab RAM Dual Chanel terbaca Single Chanel di CPU-Z saatnya mencoba untuk memperbaiknya.
1. Langkah pertama coba update BIOS Mainboard
2. Bila cara di atas tidak berhasil bersihkan DIM/ Slot dan kaki-kaki Memory RAM kemudian pasang kembali
3. Bila tidak bersail coba pindah-pindah posisi RAM. Biasanya Mainboard telah memberi warna DIM/ Slot yang berbeda. Misal 2 DIM merah dan 2 DIM Putih. Bila menggunakan Dual Chanel pilih warna yang sama. Tetapi ada Mainboard yang menggunakan warna DIM sama, misalnya hitam. Untuk board jenis ini cara memasang RAM Dual Chanel di pisah seperti gambar berikut ini.


0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish