Site and learn your application

Rabu, 22 Juni 2016

Rindu Suara Imsyak, Kentongan, dan Dangdut di Bulan Puasa

Indo Amaterasu
Bulan puasa atau bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, untuk itu diwajibkan bagi semua umat muslim melakukan puasa. Ada yang berbeda momen bulan puasa kali ini bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun pernah merantau di perkotaan dan bahkan sampai ke Indonesia Timur, ketika mudik di kampung halaman pasti suasana di bulan ramadhan sangat terasa.

Seiring berjalannya waktu momen bulan ramadhan kelihatan biasa-biasa saja, rindu yang didapatkan waktu kecil serasa musnah. Dahulu ketika menjelang waktu sallat subuh pasti ada yang bilang imsyak kurang 10 menit, imsyak kurang 5 menit, suara tersebut berasak dari musola/ majid, sekarang suara tersebut tidak terdengar.

Menariknya lagi para pemuda yang dulunya ronda dengan memukul kentongan keliling jalan-jalan kampung juga tidak ada. Biasanya ada juga yang membawa sound sistem dengan memutar lagu dangdut sepanjang jalan, tunjuannya untuk membangunkan umat muslim supaya sahur.

Apakah momen tersebut bisa terulang lagi? dirasa sangat sulit karena pemuda zaman sekarang sebagai penerus tradisi kurang peduli dengan hal ini. Mereka lebih mementingkan tidur dan gadgetnya untuk membuka aplikasi jejaring sosial. Apakah ini merupakan tanda-tanda akhir zaman??

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish