Site and learn your application

Sabtu, 09 Juli 2016

Pesona Lebaran di Trenggalek Penuh Lampu Kerlap-Kerlip

Indo Amaterasu
Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Trenggalek? Ya sebuah kabupaten/ kota kecil yang berada di ujung selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan kabupaten Ponorogo dan Tulungagung. Semenjak dipimpin Emil Dardak (suami Arumi Bachsin) Trenggalek mulai dikenal khalayak banyak. Itu merupakan kerjasama antara pemerintah daerah dan pemuda kreatif yang mengangkat Trenggalek di postingan web blog.

Ada sesuatu yang unik dalam merayakan lebaran di Trenggalek, yaitu hiasan lampu kerdip disepanjang RT/ RW, Desa, Kecamatan, Kota. Hampir disemua ruas jalan-jalan kecil dan di depan rumah warga dihiasi lampu merah, kuning, biru, hijau, yang menyala secara bergantian.


Sebenarnya tidak ada instruksi dari kepala daerah untuk menghias jalan dengan lampu, namun ini merupakan hasil karya anak muda yang ingin menyambut lebaran dengan suasana berbeda. Mulanya sebelum menggunakan lampu kerdip yang digunakan adalah lampu pelita dengan bahan bakar minyak tanah. Namun seiring berkembangnya zaman dan banyak yang menjual lampu LED Kerlap-Kerlip (Kerdip) mulai pindah menggunakan lampu kerdip.

Lampu Kerlap-Kerlip dipasang bersamaan dengan umbul-umbul yang bentuknya tegak dan atau melengkung, adapula yang mengkombinasikannya dengan lampion. Pokonya setiap jalan gang dikampung menyuguhkan pemandangan unik dan indah, tergantung dari kreativitas anak muda setempat dalam mengelola lampu.

Lampu Kerlap-Kerlip ini membuat suasana lebaran di Trenggalek beda dari yang lain. Bagi mereka yang merantau jauh pasti merindukan pesona lebaran Trenggalek dengan lampu hiasnya. Pemasangan lampu ini dimulai menjelang lebaran tiba dan sampai hari kaya Ketupat (kupatan).

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish