Site and learn your application

Minggu, 14 Agustus 2016

Modul Model Konseling Individual

Indo Amaterasu
Modul ini membahas pendekatan atau model-model konseling individual yang umum diterapkan dalam praktik profesional. Tidak semua model utama dibahas. Pembahasan dibatasi pada 5 model yang mewakili corak humanistik, behavioral, kognitif, dan postmodern. Model Psikoanalitik yang merupakan cikal bakal bagi berkembangnya sejumlah model konseling terkemudian tidak dibahas karena dipandang kurang praktis untuk diterapkan pada latar pendidikan, khususnya pada tingkat sekolah dasar dan menengah. Pada setiap model yang dibahas disajikan uraian yang mencakup: konsep dasar, tujuan, situasi hubungan,  prosedur, dan teknik-teknik khusus. Sebelum itu disajikan pula bahasan tentang unsur-unsur dasar konseling.

Untuk membantu peserta pelatihan mencapai tujuan pembelajaran dirancang rangkaian kegiatan yang memungkinkan peserta mengalami materi yang disajikan. Kegiatan yang mula-mula adalah menelaah bahan bacaan yang disediakan. Berdasarkan penyerapan bahan bacaan itu, selanjutnya peserta pelatihan diharapkan dapat lebih mendalami pokok materi penguasaan melalui penyelesaian tugas-tugas yang dirancang secara individu ataupun kelompok. Pada modul tersebut juga disediakan rangkuman untuk membantu peserta pelatihan mengingat kembali pokok-pokok pengertian penting yang telah dibahas. Sedang pada bagian akhir disediakan sejumlah pertanyaan untuk evaluasi agar peserta dapat mengetahui tingkat penguasaannya. Kunci jawaban juga telah disediakan, namun diharapkan peserta tidak melihat kunci jawaban itu sebelum mencoba menjawab pertanyaan dengan kemampuan sendiri.

Bahan bacaan hanya menguraikan secara ringkas pokok-pokok pengertian yang diharapkan dikuasai peserta pelatihan. Untuk pendalaman dan pemahaman yang lebih luas serta penyelesaian tugas-tugas yang dirancang secara optimal diharapkan dapat ditelusuri informasinya melalui bahan bacaan yang disarankan dan ditunjukkan pada daftar rujukan.

Download Modul Model Konseling Individual

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish