Site and learn your application

Minggu, 14 Agustus 2016

Modul Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Konseling (PTBK)

Indo Amaterasu
Penelitian tindakan adalah salah satu istilah yang cukup sering kita dengar di kalangan pendidikan saat ini. Tapi apa artinya? Jika kita meminta tiga orang untuk mendefinisikan penelitian tindakan, kita mungkin menemukan tiga jawaban yang berbeda. Biasanya, penelitian tindakan dilakukan dalam lingkungan sekolah, oleh guru, konselor, kepala sekolah. Kegiatan ini adalah proses reflektif yang memungkinkan dilakukannya penelitian dan diskusi sebagai komponen penelitian tindakan.

Penelitian tindakan merupakan kegiatan kolaboratif antara sejawat guru, termasuk guru bimbingan dan konseling atau konselor, dalam mencari solusi kegiatan pembelajaran/bimbingan dan konseling sehari-hari, masalah nyata yang dialami di sekolah, atau mencari cara untuk meningkatkan bimbingan dan konseling dan meningkatkan prestasi/kemandiria siswa.

Penelitian tindakan tidak berurusan dengan hal-hal teoritis, tetapi merupakan kegiatan yang memungkinkan praktisi bimbingan dan konseling untuk mengatasi masalah terkait dengan kegiatan mereka setiap saat, di mana mereka dapat membuat perubahan, walau sekecil apapun. Refleksi atas tindakan bimbingan dan konseling yang belum mencapai hasil optimal merencanakan tindakan baru yang dihipotesiskan akan lebih mampu mencapai tujuan.

Guru bimbingan dan konseling atau konselor bertanggung jawab untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih baik dalam operasional sekolah, dan mereka diminta masyarakat untuk bertanggung jawab atas pencapaian tujuan pendidikan, khususnya prestasi belajar/kemandirian anak-anakanya. Proses penelitian tindakan membantu para pendidik dalam menganalisis kebutuhan, mendokumentasikan langkah-langkah penelitiannya, menganalisis data, dan membuat keputusan yang dapat menyebabkan tercapainya hasil yang diinginkan, yakni semua siswa tuntas belajar atau mencapai kemandirian.

Dalam pembahasan ini, penelitian tindakan dikandung maksud untuk membantu guru bimbingan dan konseling memahami secara mendalam hakekat penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling dan  mengembangkan proposal penelitian tindakan secara benar. Jadi produk dari pendidikan dan pelatihan ini adalah tersusunnya proposal penelitian tindakan dalam bidang bimbingan dan konseling.
Dowwnload Modul Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Konseling (PTBK)

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish