Site and learn your application

Minggu, 23 Oktober 2016

5 Tips Memilih VGA Card Untuk PC Anda

Indo Amaterasu
VGA atau Video Graphic Array adalah salah satu hardware penunjang pada komputer yang berguna untuk bisa menghasilkan tampilan grafik yang lebih sempurna. Hardware ini sangat laris manis diserbu oleh orang-orang yang paham benar mengenai komputer dan sering meng-upgrade Personal Computer untuk kebutuhan software baru yang membutuhkan spesifikasi VGA tinggi. Biasanya orang yang suka mengganti VGA adalah para gamers, karena kebanyakan game saat ini menuntut komputer untuk memiliki VGA bagus demi tampilan grafik game yang maksimal.

Di era teknologi yang berkembang pesat ini, banyak sekali bermunculan VGA dengan berbagai merk seperti Zotaz, Gigabyte, Digital Alliance, Asus, HIS, EVGA Point of View, Inno3D, dan beberapa merk lain yang banyak sekali. Dari berbagai merk tersebut secara otomatis juga memunculkan keaneragaman harga untuk membeli VGA meskipun pada spesifikasi yang sama. Dengan demikian, Anda harus berhati-hati dalam memilih supaya tidak merasa tertipu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli VGA.
5 Tips Memilih VGA Card Untuk PC Anda

5 Tips Memilih VGA Card Untuk PC Anda:

1. Jangan Terpaku Merk
Meskipun banyak sekali merk tersedia, tapi jangan sampai Anda terpaku pada merk VGA tertentu karena belum tentu harga yang ditawarkan setara dengan spesifikasi VGA tersebut. Meskipun VGA dengan merek terkenal memang memiliki kualitas yang bagus, tapi jangan sampai Anda terpaku pada merek tersebut. Hal yang paling penting dalam memilih VGA adalah spesifikasi yang benar-benar Anda butuhkan, bukan pada merknya saja. Jangan pernah sesekali membeli VGA dengan merk ternama, tetapi spesifikasi yang Anda butuhkan ternyata tidak sesuai.

2. Pilih VGA Bergaransi
Untuk membeli VGA, Anda juga harus mempertimbangkan garansi yang diberikan pada merk VGA tersebut. Karena VGA merupakan barang elektronik yang mudah untuk rusak, pastikan membeli VGA yang memberikan garansi lama, setidaknya 1 tahun, 2 tahun, atau bahkan yang garansi seumur hidup. Pertimbangan memilih garansi yang lama berarti memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut memang menawarkan kualitas VGA yang baik karena berani memberikan garansi lama. Ini juga menandakan bahwa produsen VGA tesebut benar-benar yakin pada produknya memiliki kualitas nomor satu.

3. Perhatikan GPU
GPU atau Graphics Processing Unit secara sederhananya disebut sebagai otak dari VGA. Banyak sekali jenis GPU yang terkandung dalam VGA. Akan lebih baiknya apabila Anda membeli VGA dengan memilih GPU Nvidia atau AMD Radean. Dua jenis GPU ini merupakan nama ternama di pasaran VGA saat ini. Untuk masalah performa dan kualitas, banyak reviewer menyarankan untuk lebih memilih GPU Nvidia daripada AMD, karena memiliki kualitas visual yang lebih memanjakan mata. Namun, apabila Anda mempertimbangkan harga, mungkin AMD bisa menjadi rujukan utamamu.

4. Jangan Terpatok pada Bit

Pada dasarnya bit besar pada VGA belum tentu memiliki performa yang lebih baik daripada bit yang lebih kecil. Hal ini dipengaruhi oleh sejauh mana kualitas chip yang terkandung di dalamnya. Bit besar maupun kecil tergantung pada keluaran chip tersebut. Chip dengan bit kecil keluaran terbaru bisa lebih bagus daripada chip dengan bit besar keluaran yang lama.

5. Jangan Terpaku pada Memori

Faktanya, VGA 3 GB belum tentu lebih unggul daripada VGA 2 GB. Akan lebih baiknya apabila Anda lebih mempertimbangkan jenis memori yang tinggi daripada memori yang besar. Misalkan saja VGA 2 GB DDR 3 belum tentu lebih mengungguli VGA 1 GB DDR 5 keluaran terbaru. Jadi semakin tinggi jenis memori (DDR) maka semakin baik pula performanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish