Site and learn your application

Rabu, 12 Oktober 2016

Pengaplikasian Mesin Absensi Cek Look Terbukti Ampuh Meningkatkan Kedisiplinan Guru

Indo Amaterasu
Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya dari pendidik (guru). Disaat guru gencar-gencarnya menerapkan kedisiplinan siswa malah gurunya yang tidak disiplin. Siswa terlambat masuk kelas dan pulang sebelum waktunya menjadi perhatian sendiri bagi guru.

Ironisnya hal serupa juga dilakukan oleh guru. Banyak guru PNS dan Non PNS yang datang ke sekolah asal-asalan atau semaunya saja. Guru sering datang terlambat, pulang sebelum waktu pulang, dan bahkan tidak masuk. Sesama rekan guru mau mengingatkan juga tidak enak, takutnya yang diingatkan marah. Kalau dibiarkan malah menjadi-jadi. Yang berani menegur guru hanya kepala sekolah, meski begitu masih saja dijumpai beberapa guru yang tidak disiplin.

Penyebab ketidak disiplinan guru disebabkan kurangnya pengawasan terhadap guru itu sendiri. Kepala sekolah dengan segudang tugasnya dianggap lalai mengawasi kinerja guru. Namun dengan penerapan mesin absensi cek look dikit demi sedikit mampu mengubah kedisiplinan guru. Buktinya ada beberapa sekolah di kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang telah menerapkan mesin cek look.

Hasil dari mesin cek look secara otomatis diunggah langsung ke website. Jadi kepala sekolah dapat memantau kedisiplinan guru dari jarak jauh, asalkan ada koneksi internet bisa membuka absensi dari hape, laptop, dan komputer. Laporan hasil cek look ditampilkan secaa detail, guru yang datang telat akan diberi keterangan datang telat, guru yang pulang sebelum waktunya ada keterangan pulang lebih awal. Guru yang tidak masuk tidak ada keterangan apa-apa.

Cara kerja mesin cek look dengan pemindai wajah, untuk menggunakan mesin cek look guru wajahnya harus direkam guru dengan kamera. Setelah data tersimpan, guru dapat absen dengan mesin cek look. Ditinjau dari segi keamanan mesin absensi cek look di bawah mesin absensi retina display dan sidik jari.

Hasil cek look memang harus dipublik, dengan begitu rekan guru dapat melihatnya.Nantinya akan kelihatan siapa saja yang jarang masuk ke sekolah, sering datang terlambat, dan pulang sebelum waktunya. Dengan mesin ini kepala sekolah dapat memanggil guru yang tidak disiplin dengan bukti hasil cek look.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish