Site and learn your application

Rabu, 16 November 2016

Tradisi Brokohan Motor Baru di Kampung

Indo Amaterasu
Bagi Anda yang tinggal di kampung khususnya pesisir selatan Jawa Timur ada yang namanya brokohan. Ini merupakan ritual Jawa dengan doa-doa islam untuk mendoakan si pemilik hajat, seperti brokohan motor baru.

Ritual ini tidak ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lain sebagainya. Sehabis membawa motor dari dealer langsung dipakai begitu saja. Namun di Trenggalek, Jawa Timur kalau ada orang membeli motor baru di doain. Tujuannya supaya si pemilik motor selamat ketika menaiki motor yang baru dibeli tersebut.

Ritual brokohi motor baru ini dengan mengundang beberapa tetangga terdekat, kemudian salah satu dari mereka yang dipercayai membawa doa brokohan motor. Biasanya yang punya hajat menyiapkan ayam lodo dan kulupan, lalu dimakan secara bersama-sama. Bisa dikatakan sedekah untuk menyenangkan orang lain dengan makanan hehe.

Menurut mereka benda (motor) telah menyatu dengan pemiliknya. Untuk itu perlu dibrokohi supaya selamat ketika berkendara. Bayangkan saja bila daerah lain meniru tradisi ini pasti sangat mulia, selain mendoakan juga dapat mempererat tali silaturahmi antar tetangga.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish