Saturday, January 7, 2017

3 Tahun Ngeblog Akhirnya Dapat 2000 Artikel, Sungguh Perjuangan

Tidak terasa sejak berdirinya blog indoamaterasu.com mulai 15 Mei 2014 hingga saat ini (waktu artikel ini ditulis) 7 Januari 2017 sudah mempublish 2000 artikel. Sungguh perjuangan tak kenal lelah demi mendapatkan $ mengingat menulis artikel bukan perkara gampang.

Ini hanya blog indoamaterasu saja, belum lagi teknologivirtual.com, portalpendidikan.net, idnusantara.com, dan lain sebagainya yang jumlah artikelnya ratusan. Membagi waktu mengelola banyak blog sangat melelahkan, belum lagi ada aktivitas dirumah, kerja, dan momong anak. Jadi harus pandai membagi waktu antara ngeblog dengan kegiatan sehari-hari.

Supaya bisa menulis artikel banyak kuncinya hanya terbiasa dan biasakan. Admin juga tidak mempunyai latar belakang IT, komputer jaringan, programer, yang ada hanya ketertarikan terhadap komputer termasuk isinya (blog). Jujur ketika mulai ngeblog rasanya nulis 1 artikel saja lamanya 1 jam, itupun tidak rutin setiap hari.

Namun lama-kelamaan dengan dibiasakan membuat artikelo berkualitas sangat gampang. Yang terpenting Anda punya ide mau nulis apa dan tertarik dengan yang akan ditulis, dijamin merangkai-kata menjadi artikel sangat mudah.

Keseriusan Admin ngeblog bermula ketika menjadi pengangguran, saat itu baru lulus Program Pendidikan Sertfikais Guru (PPG) Pra Jabatan. Entah kenapa waktu itu kurang tertarik mengikuti jejak teman-teman yang langsung ngalamar ke sekolah-sekolah. Bahkan ada kesempatan emas mengikuti tes CPNS jalur Guru Garis Depan (GGD) juga tidak ikut.

Nulis blog Admin awali dengan menulis tips komputer, tips android, karena kedua bidang itulah yang disukai. Blooging is Hobies, jadikan ngeblog sebagai hobi maka Anda akan sukses dikemudian hari. Ketika mulai ngeblog jangan pikirkan uang, banyak blogger gagal karena orientasinya uang. Mereka tertarik melirik temannya yang sukses namun tidak mau berusaha lebih. Terbukti banyak teman Admin yang putus asa ketika mencoba terjun ke dunia blogging.

Ketika Anda telah paham seluk-beluk blog dan pengunjung blog ramai cobalah mencari peruntungan sebagai penayang iklan seperti Google AdSense. Biasanya blog yang trafiknya tinggi sering mendapatkan tawaran untuk review produk dan pemasangan iklan dengan harga relatif, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Masih dalam ingatan Admin, bagaimana kabar seperjuangan blogger bro Syam, bro Irfan, bro Iyan, bro Tirta? semakin sukses bukan? hehe

7 comments

Mantap gan Indoamaterasu bisa nulis 2000 artikel

Gan, kalau jadi full time blogger apakah penghasilan per bulan bisa lebih besar daripada gaji karyawan kantoran gan?

Lalu, blog2 turunan agan apakah bisa memberikan earning adsense yang besar juga? Mengingat blog turunan biasanya jumlah artikel tidak sebanyak blog utama

Bahas juga donk tentang full time blogger dan penghasilan yang didapat dari FTB..

Bisa gan bahkan lebih, yang penting serius terjun ngeblog. Kalau blog turunan nggak seberapa gan, tapi dikit-dikit bisa jadi tambahan.

Tapi ini kan tergantung visitor dan nilai jual per klik, kalau mau stabil nggak bisa. Ya bisa dikatakan suka dukanya blogger gajinya gk tetap gan

Gan Indo,

Ane kan punya satu blog dengan satu email (katakanlah emailnya: elkeren@gmail.com) yang sudah diterima full approved oleh adsense dan bisa dipasang iklan.

Nah, ane sekarang juga lagi bikin blog2 turunan dengan alamat email yang sama, yaitu elkeren@gmail.com. Blog2 turunan ini mau ane pasang adsense juga.

Yang jadi pertanyaan ane:

Apakah blog turunan ini perlu diajukan lagi ke google adsense atau bisa langsung dipasang iklan saja gan? Kan alamat emailnya sama. Tapi di satu sisi, kalau langsung dipasang iklan rasanya kok nggak enak karena tidak ada persetujuan adsense.

Solusinya gimana gan? Apakah blog turunan enaknya langsung dipasang iklan (karena alamat email yang dipakai sama) atau mengajukan lagi?

Terima kasih.. Maaf banyak tanya.. Hehehe

Gini gan, kalau akun AdSensenya non hosted bisa dipasang disemua blog hosting atau masih pake blogspot. Bisa juga untuk Youtube dan AdMobe.

Namun bila akun agan AdSensenya Hosted cuma bisa dipasang di blogspot dan youtube saja.

Akun AdSense nggak usah banyak2 gan, cukup 2 saja untuk semua blog. Langsung tarus aja kode AdSensenya, buatin chanel biar mudah dipantau untuk tiap blognya.

Setelah iklan dipasang nanti di dashboard AdSense ada pilihan untuk mengkonfirmasi link url blog apa saja yang dipasang iklan.

Wahhh.. lama nggak berkunjung ke blog agan.. Hehehe

Saya berharap tahun ini bisa segera jadi FTB, walaupun penghasilan belum seberapa tapi kalau kerja kantoran saya tidak punya banyak waktu untuk menulis...

Kalau sudah keluar dari kerja kantoran, saya bisa nulis terus pagi-sore.

Btw gan Indo, agan butuh waktu berapa tahun untuk menjadi seorang FTB? Dan, apakah ketika sudah menjadi FTB, semua blog agan sudah menghasilkan?

Terima kasih

Saya nggak FTB kok gan, nulis artikel juga jarang nggak kaya dulu lagi. Biasanya kalau pas ada ide saja nulisnya dan itu kebanyakan malam hari. Kalau siang hari rempong haha

Nggak usah FTB nggak apa2, yang penting visitornya terpenuhi baru bisa santai-santai. Ketika blog A visitor tercapai buat lagi blog B, dan begitu seterusnya

ohh kirain agan FTB... hehe.. Berarti agan kantoran dengan sampingan blogger gan?

Saya sebenarnya ingin tau orang2 yang jadi FTB karena saya jga bercita-cita jadi FTB.. Hehe


EmoticonEmoticon