Friday, January 20, 2017

Menurut Teknikal AHM Dilarang Mencuci Motor Saat Mesin Panas

Hujan yang kerap mengguyur sejumlah wilayah di Tanah Air belakangan ini membuat kendaraan tentunya harus ekstra diperhatikan. Selain bisa membuat motor berkarat, air hujan yang turun juga bisa membuat motor tak elok dipandang. Kotor. Alhasil, pemilik motor harus lebih rajin mencuci selama musim hujan agar tunggangan tetap resik dan bebas dari gempuran karat.
AHM Melarang Mencuci Motor Saat Mesin Panas

Namun, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan pemilik motor saat mencuci kendaraan kesayangan. Kebiasaan buruk tersebut yaitu mencuci motor dalam keadaan mesin masih panas. Hal ini tentu sangat berbahaya, salah-salah komponen motor yang terbuat dari logam bisa jadi meregang dan akibatnya akan cepat rusak.

Mencuci motor atau menyemprotkan air ke mesin dalam keadaan masih panas tentu dapat mengakibatkan distorsi blok mesin dan ini berbahaya, kata Sarwono Edhi, Technical Service Training Development Astra Honda Motor (AHM). Hal yang sama juga berlaku pada pipa panas, misalnya bagian knalpot. Selain itu, cara ini juga dapat merusak krom motor yang mengakibatkan perubahan warna.

Tak hanya itu, menurut Sarwono, jika mencuci pada saat panas dan menggunakan detergen pada bagian komponen plastik, tentunya dapat mengakibatkan perubahan warna atau retak. Periksalah bagian part seperti plastik seperti meter kombinasi, fairing, body panel, dan lampu sebelum mencuci motor, ujarnya.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon