Wednesday, January 25, 2017

Pentingnya Peran BKK di SMK, Demi Masa Depan Siswa

Bursa Kerja Khusus atau yang disingkat BKK adalah suatu wadah untuk menyalurkan dan menfasilitasi minat siswa untuk bekerja sesuai dengan keahlian, kemampuan, dan keinginannya. BKK lebih difokuskan untuk Sekolah Menengah Kejuruan yang dimana memang dicetak untuk siap kerja.

Di Jawa Timur sendiri sekarang telah ada FBKK (Forum Bursa Kerja Khusus) yang rutin setiap bulan dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor). Tujuannya untuk mengundang para peserta BKK dari beberapa sekolah di Jawa Timur untuk terlibat dalam rapat.

Rakor BKK dihadiri perwakilan dari perusahaan untuk menawarkan kerja sama bagi lulusan SMK bekerja di perusahaannya. Di sinilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta BKK yang nantinya informasi lowongan pekerjaan disalurkan ke siswa.

Sebenarnya banyak sekali lowongan kerja untuk kelas XII atau yang telah lulus SMK, tinggal siswanya mau apa tidak ikut tes pekerjaan. Biasanya yang berani mengambil keputusan adalah yang mempunyai tekat tinggi benar-benar ingin bekerja.

Yang perlu dipersiapkan untuk siswa adalah belajar tes pekerjaan, baik itu tes wawancara dan psikotes. Soalnya banyak yang beranggapan ketika daftar pasti diterima, padahal tidak. Ini yang perlu dipersiapkan guru BK untuk mengantisipasi kegagalan siswa.

Ada banyak manfaat mengikuti BKK terutama bagi siswa yaitu untuk mendapatkan pekerjaan dan untuk berlatih mengerjakan psikotes dan wawancara kerja. Dengan begitu nantinya siswa lebih siap menghadapi tes pekerjaan selanjutnya.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon