Site and learn your application

Proses Menjadi Guru Garus Depan (GGD)

Indo Amaterasu

Guru Garis Depan atau yang disebut GGD adalah alumni SM-3T yang telah lolos seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan mendapatkan tugas di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Hingga saat ini seleksi CASN GGD sudah dilaksanakan yang kedua kalinya. Bagi peserta yang lulus seleksi akan ditempatkan di daerah 3T yang menjadi tujuan saat pendaftaran CASN GGD.

Proses Menjadi Guru Garus Depan (GGD)

Menegenai kesejahteraan dijamin oleh pemerintah, mereka akan mendapatkan tunjangan khusus daerah terpencil dan tunjangan profesi karena telah memegang sertifikat pendidik. Belum lagi kalau sudah berkeluarga pasti mendapatkan tunjangan anak dan istri/ suami. Hems siapa yang tidak tergiur dengan penghasilan guru garis depan.

Selain dari alumni SM-3T, CASN GGD juga dapat diikuti oleh alumni PPG SMK Kolaboratif. Intinya baik lulusan SM-3T dan SMK Kolaboratif harus lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan telah mendapatkan sertifikat pendidik. Pendaftaran CASN GGD beberda dengan CPNS umum dimana bila GGD menggunakan nomor sertifikat sedangkan CPNS umum denga nomor KTP.

Proses Menjadi Guru Garus Depan:

1. Ikut Program SM-3T dan atau SMK Kolaboratif
Program SM-3T pertama kali dibuka tahun 2011 yang lalu, hingga saat ini tahun 2017 sudah angkatan ke-6. Bagi yang lolos seleksi guru SM-3T mendapatkan tugas mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal selama 1 tahun. Setelah itu pulang ke daerah asal dan mengikuti beasiswa Pendidikan Profesi Guru di LPTK penyelenggara.

2. Mengikuti Pendidikan Profesi Guru
Semua alumni SM-3T berhak mendapatkan beasiswa PPG, lama study ditempuh 1 tahun untuk semua jurusan bidang study. Peserta PPG mendapatkan asrama dan makan gratis dari pemerintah, selain itu juga ada uang saku dan uang buku.

Pendidikan Profesi Guru ditempuh selama 1 tahun dengan rincian 6 bulan workshop dan 6 bulan PPL di sekolah. Nanti ada ujian tulis nasional (UTN) yang dilakukan secara online dimasing-masing LPTK. Yang lolos berhak mendapatkan sertifikat pendidik, sedangkan yang belum harus mengikuti ujian ulang.

3. Daftar CASN (CPNS) di Portal Kemdikbud
Setelah Anda mendaaptkan sertifikat pendidik bisa digunakan untuk daftar CASN GGD, sembari menunggu pengumuman pendaftaran CASN GGD carilah sekolah untuk mengajar. Istilah lain dari CASN GGD adalah CPNS Jalur Khusus. Pelaksanaan CASN GGD tanpa dipungut biaya dan diselenggarkan oleh pemerintah yang telah bekerja sama dengan sekolah sebagai tempat tes online.

4. Tes CASN GGD
CASN GGD menggunakan ujian online, biasanya lokasi tes dipilihkan oleh pemerintah yang nantinya menunjuk sekolah atau instansi yang benar-benar siap melaksanakan ujian online sebagai tempat tes CASN GGD.

Soal-soal CASN GGD cukup sulit, mudah bagi yang bisa. Tiap peserta mendapatkan soal CASN yang berbeda-beda. Untuk itu persiapkan diri Anda dengan banyak berlatih soal-soal CPNS.
 
5. Pengumuman bagi yang lolos CASN GGD
Bagi yang lolos CASN GGD diumumkan lewat portal kemdikbud dan surat kabar. Yang lolos diberi kesempatan beberapa hari untuk lapor ke dinas pendidikan masing-masing daerah.

6. Manjadi Guru Garis Depan di daerah 3T
Setelah dinyatakan lolos tes CASN GGD kini Anda telah mejadi guru garis depan. Berjuanglah mendidik anak negeri dengan sepenuh hati.

0 comments:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Tips Komputer

AdSense

Xiaomi