Wednesday, February 15, 2017

Cara Submit Blog Page is Mobile-friendly di Google

Melihat trend perkembangan pengguna smartphone yang tinggi membuat Google mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Page is Mobie-Friendly. Mau tidak mau Admin blog harus menggunakan template responsive yang bersahabat dengan mobile device. Bila tidak mengikuti kebijakan Google siap kehilangan visitor.

Faktanya seminggu belakangan ini sebelum artikel ditulis banyak bloh yang tiba-tiba visitornya turun drastis. Mungkin salah satu penyebabnya Page is Mobile-friendly. Untuk itu sesegera mungkin Anda mensubmit url blog di Mobile Friendly Test untuk mendapatkan lonjakan pengunjung.

Yang dimaksud  Blog Page is Mobile-friendly adalah halaman blog telah bersahabat dengan mobile device. Misalnya membuka halaman blog indoamaterasu dengan smartphone Android, nah tampilan blog indoamaterasu secara otomatis mengikuti ukuran layar hape.

Lalu bagaimana cara mengetahui blog sudah Mobile-friendly? cukup mudah kok, Anda tinggal membuka laman Mobile Friendly Test. Kemudian memasukkan url blog, run test dan lihat hasilnya. Nanti akan ditampilan keterangan error bila ada script yang harus diperbaiki/ buang. Bila blog sudah mobile friendly muncul keterangan Page is mobile-friendly.

Tidak cukup sampai di sini, langkah selanjutnya harus mensubmit blog di Page is Mobile-friendly Google, caranya adalah sebagai berikut: (saran gunakan browser Google Chrome).
1. Buka Mobile Friendly Test
2. Masukkan url blog Anda kemudian test
3. Bila muncul keterangan Page is mobile-friendly > Submite to Google

4. Tunggu proses submit hingga selesai muncul keterangan Page added to indexing queque.

5. Kini blog Anda telah berhasil di sumbit Mobile Friendly Test. Amati trafik blog beberapa hari kedepan untuk melihat lonjakan pengunjung.


EmoticonEmoticon