Friday, February 10, 2017

Masa Depan Siswa SMK Ada di BKK

Tahukah Anda apa yang dimaksud BKK (Bursa Kerja Khusus)? tentu bagi mereka yang mengajar di SMK telah paham apa itu BKK dan fungsinya. Bisa dikatakan BKK adalah suatu organisasi yang mewadai siswa untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu team BKK sekolah harus aktif mencari informasi lowongan pekerjaan dan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk merekrut siswa.

Jadi siswa nggak harus menunggu lulus untuk melamar kerja, masih kls 3 SMK bisa daftar kerja. Syaratnya siswa tersebut harus melamar kerja melalui BKK sekolah. Nantinya bila diterima disebuah perusahaan atau instansi tertentu mulai kerja nunggu lulus sekolah. Istilah ini biasa disebut sistem ijon.

Masa Depan Siswa SMK Ada di BKK?
Apa yang membuat BKK begitu superior untuk masa depan siswa? siswa SMK berbeda dengan SMA, lulusan siswa SMK memang dirancang untuk siap kerja. Meski begitu jika ada yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi juga bisa.

Yang perlu diperhatikan sekolah adalah jangan sampai membuka jurusan/ kompetensi keahlian yang lulusannya tidak dilirik perusahaan. Untuk itu penting bekerja sama dengan beberapa perusahaan, informasinya dapat diperoleh dari tempat prakerin siswa, dari sesama anggota BKK, dari rakor BKK, dan masih banyak yang lainnya.

Baca: Mengenal Sistem Ijon Untuk Siswa Kls XII SMK BKK

Berdasarkan rakor BKK yang dilaksanakan awal tahun 2017 di SMK Glagah Banyuwangi, perwakilan dari perusahaan mengatakan "Setiap SMK harus menyusun kurikulum sesuai permintaan Dunia Usaha/ Dunia Industri" soalnya hingga saat ini lulusan SMK kurang siap kerja di perusahaan karena bekal dari sekolah kurang.


EmoticonEmoticon