Friday, February 10, 2017

Mengenal Sistem Ijon Untuk Siswa Kls XII SMK BKK

Inilah kelebihan SMK bila dibanding SMA yaitu lulusannya memang dirancang untuk siap kerja. Menariknya lagi sekarang ada yang namanya Bursa Kerja Khusus (BKK), organisasi inilah yang mewadahi siswa kls XII SMK untuk berlomba-lomba melamar kerja di perusahaan. Padahal siswa tersebut belum lulus, kok bisa nglamar kerja ya? itulah yang dimaksut sistem ijon.

Pengertian Sistem Ijon SMK BKK
Sistem Ijon SMK BKK adalah suatu proses melamar kerja di perusahaan atau intansi tertentu yang nantinya bila siswa tersebut diterima kerja mulai kerjanya menunggu lulus dari sekolah. Pada umumnya seleksi kerja dilaksanakan semester II jadi mendekati Ujian Nasional.

Bisa dikatakan BKK adalah ujung tombak dari SMK supaya lulusannya tidak ada yang menganggur. Jadi sekolah yang belum ada BKK sesegera mungkin untuk membentuknya, nanti setiap 3 bulan sekali ada rakor BKK. Di sinilah BKK akan mendapatkan informasi lowongan kerja dari beberapa perusahaan atau informasinya dari sesama rekan BKK sekolah tertentu yang tahu informasi kerja.

Baca: Masa Depan Siswa SMK Ada di BKK

Peran guru BK penting untuk siswa yaitu memberika motivasi supaya ikut tes kerja dan memberikan tips cara menghadapi tes kerja baik psikotes dan tes wawancara. Membekali siswa untuk membuat surat lamaran kerja beserta CV (Daftra Riwayat) hidup sangat diperlukan. Setidaknya siswa mempunyai gambaran tes melamar kerja itu seperti apa.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon