Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Absensi Untuk Bimbingan Konseling


Untuk mempermudah kinerja guru bimbingan dan konseling di sekolah dalam memantau kehadiran siswa kini telah dibuat absensi khusus untuk BK. Latar belakang dibuatnya aplikasi ini adalah guru BK kewalahan memantau kehadiran siswa dengan jumlah murid ribuan.

Sebenarnya telah dibuat rekab absensi mingguan yang melibatkan ketua kelas atau sekretaris kelas untuk mengisi absensi tiap hari dan disetorkan ke guru BK seminggu sekali. Seminggu tertalu lama untuk menangani kasus ketidak hadiran. Sebisa mungkin 3 hari tanpa keterangan siswa tersebut dipanggil.

Sebenarnya di sekolah juga ada presensi otomatis menggunakan ceklock pemindai wajah, namun aplikais ini mempunyai kelemahan tidak bisa merekam siswa bolos. Yang direkan hanya saat masuk sekolah dan pulang sekolah. Mungkin kalau mengajar di SMP dan SMA tidak terlalu pusing, kalau di SMK dengan ribuan siswa membuat guru BK kewalahan.

Namun dengan adanya aplikasi absensi untuk bimbingan dan konseling ini guru BK sedikit dipermudah kinerjanya. Aplikais ini dibuat menggunakan rumus Excel dengan menginput presensi harian. Sebaiknya setiap kelas diberi lembar absensi kemudian setiap jam terakhir pulang sekolah dikumpulkan di BK.

Guru BK berhak menginput ketidak hadiran dari data presensi harian. Aplikasi ini telah dilengkapi peringatan pemanggilan siswa dengan keterangan warna hijau, kuning, ungu, dan merah. Setiap warna mempunyai arti tersendiri yaitu sebagai berikut:
Hijau: tidak masuk sekolah 3 hari atau lebih dengan keterangan A, I, S, T, B
Kuning: tidak masuk sekolah 6 hari atau lebih dengan keterangan A, I, S, T, B
Ungu: tidak masuk sekolah 9 hari atau lebih dengan keterangan A, I, S, T, B
Merah: harus dikeluarkan karena sering A

Keterangan:
A= tidak masuk sekolah tanpa keterangan
I= tidak masuk sekolah karena izin
S= tidak masuk sekolah karena sakit
T= telah datang ke sekoloah
B= bolos sekolah.

Dengan adanya aplikasi presensi bimbingan dan konseling memudahkan guru BK untuk memanggil siswanya bila notifikasi warna muncul.

Post a Comment for "Aplikasi Absensi Untuk Bimbingan Konseling"