Sunday, March 5, 2017

Buku Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2016

Buku Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2016 adalah buku panduan pelaksanaan sertifikasi guru yang disusun tahun 2016 kemarin. Pedoman ini dikeluarkan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kenapa buku pedomannya tahun 2016? karena terakhir kali diselenggarakan sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2016. Untuk itu Admin akan membangikan kepada Anda Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2016.

Cara mendapatkan sertifikasi guru ada 2 macam yaitu sertifikasi guru dalam jabatan dan sertifikasi guru prajabatan. Yang dimaksud sertifikasi guru dalam jabatan adalah guru tersebut telah mengajar di sekolah tertentu dan mendapatkan jatah giliran Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Guru (PLPG). Sedangkan yang dimaksud sertifikasi guru prajabatan adalah Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang ditempuh selama dia belum menjadi guru.

Keduanya sama-sama mendapatkans sertifikat pendidik, yang membedakan adalah cara mendapatkannya. Bila PLPG cukup pelatihan kurang lebih 2 minggu, sedangkan PPG masa studinya 1 tahun dengan gelar guru profesi (.gr). Yang dapat mengikuti sertifikasi guru prajabatan hingga saat ini hanya lulusan program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal.

Download Buku Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2016
Download Buku Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2015


EmoticonEmoticon