Thursday, March 16, 2017

Cara Cek Blog Valid AMP Atau Tidak

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah produk terbaru dari google untuk memaksimalkan halaman website/ blog supaya mudah diakses diperangkat mobile. Ide lahirnya AMP adalah banyaknya pengguna smartphone yang mengakses halaman website dengan perangkatnya. Lalu apa bedanya AMP dengan blog responsive?

Kalau AMP tampilannya harus responsive dan cepat diakses diperangkat mobile, namun bila blog responsive cuma halamannya saja yang menyesuaikan ukuran mobile, belum tentu cepat diakses dengan perangkat mobile. Membangun blog AMP atau mengganti template AMP harus sesuai petunjuk yang diberikan google. Untuk memasang gambar, video, dan lain sebagainya harus sesuai format AMP.

Blog indoamaterasu.com juga belum AMP, sebenarnya ada niat untuk mengubah jadi AMP tetapi butuh waktu lama untuk ribuan artikel. Hingga saat ini pengguna platform blogger.com harus melakukannya secara manual karena belum support dengan blogspot.

Admin sendiri akhirnya menjajal blog AMP itu seperti apa, ternyata cepat juga dibuka diperangkat mobile. Yang jadi pertanyaan bagaimana cara cek blog tersebut sudah valid AMP atau bukan? berikut ini Admin akan menjelaskannya.

Cara Cek Blog Valid AMP Atau Tidak:
1. Buka https://search.google.com/search-console/amp
2. Ketik URL blog Anda
3. Jalankan Pengujian, tunggu beberapa detik sampai pengujian selesai
4. Berikut ini tampilan blog AMP tidak valid dan blog AMP valid

Bukan laman AMP yang valid

Laman AMP yang valid

5. Bila laman blog And belum valid ikuti petunjuk perbaikan dari google yang ditampilkan di sebelah kanan hasil pengujian
6. Bila status laman valid maka icon petir jadi menyala, icon petir ini akan kelihatan di browser.


EmoticonEmoticon