Thursday, March 9, 2017

Cara Membedakan Situs Resmi Pemerintah Dengan Yang Palsu

Banyaknya alamat situs yang bertebaran di internet membuat sebagian besar orang ketipu dengan informasi yang ditulisnya. Mereka tidak dapat membedakan mana situs resmi dari pemerintah maupun situs palsu yang mengatasnamakan pemerintah. Anehnya para guru juga mencari informasi di situs bukan resmi. Untuk itu Admin memandu Anda cara membedakan situs resmi pemerintah dan situs non pemerintah.

Biasanya yang menjadi target adalah situs pendaftaran, seperti pendaftaran CPNS, pendaftaran sekolah ikatan dinas, pendaftaran perguruan tinggi negeri. Selain itu situs informasi semacam GTK dan Sekolah kita. Yang jadi pertanyaaan apa untungya merea menduplikat situs resmi pemerintah? tidak lain hanya meraup keuntungan.

Sebenarnya mudah sekali cara membedakannya yaitu dengan membaca alamat URL (Uniform Resource Locator). Untuk negara Indonesia sendiri telah dibedakan untuk masing-masing instansi pemerintah, pendidikan, organisasi, dan bisnis.

Domain dot.id adalah URL untuk negara Indonesia, untuk lembaga pemerintahan pasti menggunakan dot.go.id yang artinya Government Indonesia (pemerintah Indonesia). Untuk perguruan tinggi menggunakan dot.ac.id (Academy Indonesia), dan untuk sekolah menggunakan dot.sch.id (School Indonesia). Organisai pemerintah dengan URL dot.org.id, sedangkan untuk organinasi non pemerintah dengan dot.org.

Lalu bandingkan dengan domain umum, yang artinya bisa dimiliki oleh setiap orang. Domain dot.com (comersial), dot.net (internet), dot.web.id (web Indonesia), dan masih banyak yang lainnya. Jadi untuk mengetahui situs tersebut dikelola pemerintah atau perorangan dapat dibaca dari ekstensi domainnya.

Misalnya membandingkan:
1. data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. datadapodik.com

Diantara kedua situs di atas manakan yang milik pemerintah? tentu yang nomor 1 dengan ekstensi domain dot.do.id yang merupakan subdomain dari kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk datadapodik.com adalah milik perorangan karena ekstensi domain yang digunakan dot.com (comersial).

# Supaya pemahaman Anda lebih dalam tentang ekstensi domain Indonesia sebaiknya pahami dulu pengertian ekstensi domain berikut ini:

1. CO.ID
Singkatan dari Company Indonesia yang artinya perusahaan Indonesia. Domain ini ditujukan untuk jenis website/blog perusahaan, nama produk maupun merek yang memiliki identitas Indonesia. Untuk mendapatkan domain ini, anda harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Ijin Usaha, SIUP/TDP, NPWP dan Akta Notaris.

2. OR.ID
Singkatan dari Organization Indonesia yang berarti organisasi Indonesia. Domain ini diperuntukkan untuk website/blog organisasi di Indonesia seperti Ormas, Parpol, LSM dan yang lain. Mendapatkan Domain ini juga harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Akta notaris dan SK Internal Organisasi.

3. AC.ID
Ac.id merupakan singkatan dari Academy Indonesia atau akademi Indonesia. Domaian ini ditujukan untuk Lembaga pendidikan (akademi) di Indonesia dikhususkan untuk perguruan tinggi, Universitas dan Sekolah tinggi. Harus mempunyai syarat tertentu untuk mendapatkan domain ini seperti KTP, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan.

4. SCH.ID
Sch.Id merupakan singkatan dari School Indonesia atau sekolah indonesia. Domain ini dikhususkan untuk jenis Website/blog bersifat lembaga pendidikan seperti SD, SMP dan SMA/SLTA. Mendapatkan domain ini harus memiliki syarat yaitu KTP dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.

5. GO.ID
Go.Id adalah Goverment in Indonesia atau pemerintah indonesia, Domain ini jelas untuk lembaga pemerintahan seperti lembaga kementrian, Provinsi, Pemerintah kota, kabupaten dan lembaga negara lainnya. Syarat untuk memiliki domain ini adalah KTP, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.

6. MIL.ID
Mil.id sebenarnya sama dengan domain MIL, hanya saja perbedaannya terlihat dari Id-nya yaitu Militer Indonesia seperti untuk TNI, TNI AU, TNI AD dan militer lainnya.

7. MY.ID
My.id adalah domain yang diresmikan dengan status yang sama dengan domain NAME. Perbedaannya hanya terletak pada wilayah di negera Indonesia.

# Pengertian ekstensi domain Internasional:

1. COM
Singkatan dari Commersial yang artinya Komersil. Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog/ website perusahaan atau pribadi.

2. NET
Singkatan dari Network/ Networking dan artinya Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya. Akan tetapi umumnya penggunaan domain ini juga biasa digunakan untuk apa saja seperti domain dot com, hal itu karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftarannya.

3. ORG
Org merupakan Singkatan dari Organization (organisasi). Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk blog/ website Organisasi, lembaga tertentu atau perkumpulan-perkumpulan. Domain ini juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.

4. BIZ
Biz merupakan Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Walaupun BIZ bisa digunakan untuk jenis blog/ website apa saja, namun, Ekstensi ini sering dan lebih tepat digunakan untuk usaha/ bisnis, lembaga usaha, toko online dan lainnya yang terkait. Ekstensi domain ini sebenarnya hampir sama tujuannya dengan .com dan .net yang bisa dijadikan alternatif jika domain tersebut sudah ada yang punya.

5. INFO
Info merupakan singkatan dari Information atau Informasi. Domain jenis ini bisa digunakan untuk blog/ website apa saja termasuk blog pribadi. Akan tetapi ekstensi domain Info lebih tepat dipakai pada blog/ website yang bersifat informasi seperti Kesehatan, Lalu lintas, Sejarah dan yang lain. Menggunakan domain ini tidak memiliki persyaratan khusus untuk mendapatkannya.

6. TV
Kemungkinan berarti Television. Domain ini ditujukan untuk digunakan pada blog/ website yang berisi Entertainment seperti Televisi, Radio, Majalah dan yang lain.

7. Name
Mempunyai arti Nama, Domain ini ditujukan untuk identitas personal atau keluarga. Domain ini sangat tepat digunakan bagi pemilik blog/website yang ingin mengenang nama/ identitas keluarga atau pribadinya sendiri.


EmoticonEmoticon