Wednesday, March 29, 2017

Cara Mengatur Ukuran Besar Kecilnya File PDF

File PDF (Portal Document Fortmat) adalah format file digital. File PDF biasanya digunakan untuk membuat ebook dan atau untuk keperluan lain yang mewajibkan mengunggah file digital. Seperti melamar pekerjaan secara online, mengunggah data diri di dapodik, dan lain sebagainya.

File PDF bisa dibuat dari kumpulan gambar/ foto, bisa juga hasil ketikan. Cara termudah membuat file PDF cukup menggunakan Microsoft Office, nanti ada pilihan Save as PDF. Untuk pengguna Office 2007 harus memasang plugin Save as PDF, sedangkan Office 2010, 2013, dan 2016 cukup Save as PDF.

Kualitas file PDF mempunyai ukuran tinggi, bisa lebih dari 1000 kb atau 1 mb. Sayangnya untuk keperluan upload file biasanya dibatasi ukurannya, misalnya tidak lebih dari 1 mb. Secara default ukuran file PDF cukup besar, namun dengan menggunakan Microsoft Office dapat menentukan sendiri besar kecilnya PDF tanpa merusak kualitas gambar.

Baiklab berikut ini cara mengatur ukuran besar kecilnya file PDF. Contoh kali menggunakan Microsoft Office 2016, untuk seri di bawahnya kurang lebih caranya sama.
1. Silahkan membuat file PDF menggunakan Office Word
2. Bila sudah siap simpat file tersebut dengan pilihan Save as type PDF

3. Untuk mengatur besar kecilnya file PDF tinggal mengubah pilihan pada Optimize for Standard (publishing online and printing) dan atau Minimun size (publishing online)

3. Save dan lihat hasilnya.


EmoticonEmoticon