Tuesday, March 14, 2017

Cara Mengetahui NISN Siswa Secara Online

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang disingkat NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Untuk keperluan tertentu seperti mutasi siswa atau drop out, guru membutuhkan NISN untuk mengurus surat-suratnya. Saking banyaknya siswa pasti tidak tahu dan hafal berapa NISN. Daripada pusing-pusing mencari operator dapodik, sebaiknya Anda coba dulu. Syaratnya cukup mudah, tinggal menggunakan komputer/ laptop atau hape serta koneksi internet.

Untuk mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang diperlukan adalah Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Silahkan cari data ini di file penermimaan siswa baru, pasti ada. Langkah selanjutnya membuka situs resmin NISN dari Kemdikbud.

# Cara Mengetahui NISN Siswa Secara Online:
1. Buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id
2. Pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama

3. Ketik Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir, kemudian pilih Cari

4. NISN berdasarkan pencarian nama berhasil ditampilkan, semoga bermanfaat dipergunakan sebagaimana mestinya.

# Tujuan dan Manfaat NISN
Dikutip dari laman resmi Nomor Induk Siswa Nasional, tujuan dan manfaat dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebagai berikut ini:
1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan
2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini
3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


EmoticonEmoticon