Monday, March 13, 2017

Cara Mengubah Dokumen Menjadi Softfile Dengan Android

Cara mengubah dokumen (hardfile) menjadi softfile dengan hape Android - Apa yang terlintas dalam pikiran Anda bila file dokumen dilembaran kertas dapat disalin menggunakan scan kamera hape dengan output softfile. Yang menarik hasil scan tersebut berupa ketikan huruf, jadi Anda tinggal copy paste sesuai keperluan.

Kembali 5 atau 6 tahun lalu, mungkin Anda akan lebih memilih untuk mengetik kembali dokumen cetak yang hendak Anda salin dan dijadikan file. Ya, paling canggih dengan menscannya menggunakan scanner. Namun sekarang, jika  menemukan sebuah dokumen cetak dan Anda tidak memiliki salinan softcopynya, Anda dapat menggunakan cara sederhana hanya dengan memanfaatkan smartphone dan aplikasi.

Cara Mengubah Dokumen Menjadi Softfile Dengan Android:

Untuk memindahkan tulisan dalam dokumen cetak menjadi sebuah file, Anda membutuhkan sebuah smartphone Android dan dua buah aplikasi yaitu Google Goggles dan Google Keep (jika belum ada bisa didownload melalui Play Store).

Untuk menscan dokumen, bukalah aplikasi Google Goggles. Goggles kemudian akan mengaktifkan fitur kamera. Arahkan kamera ke dokumen yang hendak Anda jadikan softcopy, kemudian tekan ikon kamera yang ada. Jangan lupa, letakkan dokumen dengan rapi agar mudah dibaca oleh Goggles.

Sesaat kemudian, Goggles akan melakukan scanning dan membaca tiap-tiap huruf yang ada di dokumen. Lama proses scanning tergantung kualitas dokumennya. Jika cetakan dokumen jelas, proses scanning dapat berlangsung lebih cepat.

Setelah proses scanning selesai, Goggles akan menampilkan hasil scanning sudah dalam bentuk teks.

Tekan tombol copy untuk mengkopi seluruh dokumen yang dihasilkan oleh Google Goggles tersebut. Buka apilkasi Google Keep dan salin teks yang telah Anda kopi dari Google Goggles ke dalam Google Keep. Teks mungkin emmbutuhkan beberapa perbaikan dan Anda bisa melakukan proses editing sekadarnya di Keep.

Setelah selesai, dokumen akan otomatis tersimpan. Anda juga bisa langsung membagikan dokumen tersebut melalui email, aplikasi messaging maupun aplikasi lainnya. Mudah kan? Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon