Tuesday, March 21, 2017

Masa Berlaku Surat Keterangan Pindah KK dan KTP Hanya 30 Hari

Bermula ketika akan mengurus surat keterangan pindah untuk mertua yang ikut anak, ternyata masa berlaku surat keterangan pindah dari daerah asal habis masa berlakunya. Sebenarnya surat keterangan pindah tersebut datangnya 3 hari sebelum kadaluwarsa, namu karena saat itu tidak langsung membuka isi surat jadi tidak tahu.

Permasalahan muncul ketika akan pergi ke balai desa untuk mengantarkan surat pindah datang, eh setelah dibaca sekilas masa berlakunya habis jadi percuma ke balai desa pasti tidak dilayani. Lalu bagaimana solusinya? caranya datang ke kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil daerah asal untuk minta legalisir surat pengantar pindah baru yang habis masa berlaknya.

Persyaratan yang dibawa saat minta legalisir surat pindah baru yang habis masa berlakunya:
1. KK asli yang pindah
2. KTP asli yang pindah
3. Fotocopy Akta Lahir bila ada
4. Fotocopy Akta Kawin (bila kawin)
5. Untuk pengurusan legalisir surat keterangan pindah bisa di wakilkan.

Berapa Masa Berlaku Surat Pengantar Pindah?
Sesuai dengan ketentuan Perda No. 2 tahun 2011 tentang Pendaftaran Penduduk dan pencatatan Sipil bahwa Surat Keterangan Pindah berlaku selama 30 (tiga puluh) hari dan berlaku sebagai pengganti KTP atau SKTT.

Baca: Cara Mengurus Surat Pindah KTP dan Pembuatan KK Baru Antar Provinsi

Untuk itu ketika Anda mendapatkan surat keterangan pengantar pindah segeralah mengurus di daerah tujuan sesuai masa berlaku surat keterangan pindahnya.

2 comments

saya kadaluarsa 5 bulan masih bisa ga ya ?

Wah kok lama sekali mas, mendingan ngurus lagi di capil asal


EmoticonEmoticon