Monday, March 6, 2017

Membuat Komputer Otomatis Shutdown Dengan IDM

Tahukah Anda bahwa komputer/ laptop dapat diatur otomatis mati sendiri (shutdown) dengan menggunakan IDM. Meskipun Internet Download Manager (IDM) adalah program untuk mempercepat proses download namun bisa digunakan untuk mematikan sitem komputer yang sedang berjalan.

Fitur ini ada disemua seri IDM, jadi sangat menguntungkan para download yang downloag puluhan Giga Byte. Bayangkan saja download file sebesar 5GB bisa 4 jam lebih menggunakan koneksi pas-pasan. Apakah Anda akan duduk di depan komputer hingga download selesai? pasti sangat lama dan melelahkan.

Dengan fitur Turn off yang ada di IDM, Anda dapat mendownload file sesuka hati kemudian ditinggal pergi, tidur, makan, dsb. Jangan khawatir komputer nayala terus karena setelah download selesai shutdown sendiri.

Cara Mengatur Komputer Mati Sendiri Dengan IDM:
1. Buka IDM kemudian pilih tab Options on Completion
2. Hilangkan centang pada Show Download Complete Dialog
3. Kasih centang pada Turn off computer when done.

Tips Mengatur Auto Shutdown Dengan Download Banyak File
Bila Anda download 1 file maka mudah melakukan konfigurasi ini, lalu bagaimana jika filenya lebih dari 1, misalnya 5? Caranya silahkan dianalisis sendiri kira-kira file apa yang kapasitasnya paling besar dan download paling lama, kemudian atur Turn off computer when down seperti cara di atas.


EmoticonEmoticon